Ancaman Virus Corona, BWF Batalkan Kualifikasi Olimpiade di Portugal

Peta penyebaran virus corona
Sumber :
  • Johns Hopkins University

VIVA –  Wabah virus Corona atau COVID-19 kembali mengganggu agenda olahraga. Kali ini, salah satu agenda bulutangkis di Portugal harus batal karena kekhawatiran mengenai virus mematikan ini.

Benarkah Biaya Sewa Mahal, PBSI Bongkar Alasan Indonesia Open 2024 Batal Digelar di Indonesia Arena

Kabar ini dikonfirmasi di situs resmi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). Kejuaraan Internasional Bulutangkis Portugal yang digelar di Caldas da Rainha, Portugal, dipastikan urung digelar.

Ajang yang digunakan sebagai kualifikasi Olimpiade 2020 ini seharusnya digelar pada 5 Maret 2020. Namun, Federasi Bulutangkis Portugal (PBF) membatalkan turnamen ini atas saran dari otoritas kesehatan setempat. Keputusan ini pun sudah disetujui oleh BWF.

8 Pebulutangkis Indonesia Kena Sanksi Berat BWF, Ada yang Dihukum Seumur Hidup

(Baca juga: BWF Galau, Turnamen Bulutangkis Dunia Jadi Korban Virus Corona)

"Penilaian risiko yang dilakukan Otoritas Kesehatan Portugal merekomendasikan bahwa ajang tersebut dibatalkan/ditunda. Kami wajib mengambil rekomendasi ini untuk membatalkan turnamen," bunyi pernyataan PBF.

Greysia Polii Masuk Jajaran Komite Eksekutif NOC Indonesia

BWF menerima keputusan yang mengedepankan keselamatan pemain, fans, dan ofisial. Mereka terus memantau semua turnamen dunia yang terdampak virus Corona.

Dua turnamen junior yang diakui BWF juga telah dibatalkan. Yakni AMOT Junior International Series, Rishon Le Zion, Israel pada 12-14 Maret 2020 dan Pembangunan Jaya Raya junior GP 2020, Tangerang Selatan, Indonesia pada 14-19 April 2020.

Otoritas kesehatan setempat telah mengambil keputusan ini bersama dengan tuan rumah. Mereka mencemaskan keselamatan atlet junior jika turnamen tetap digelar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya