Ngeri, Latihan Ganda Otot Super Dunia Jelang Piala Thomas

VIVA Bulutangkis: Pemain ganda putra Taiwan, Yang Po Han.
Sumber :
  • Instagram: Yang Po Han

VIVA – Pandemi Virus Corona atau COVID-19 juga berdampak pada bulutangkis dunia. Sederet turnamen dibatalkan mengingat virus ini menyebar ke berbagai negara.

Rekam Jejak Indonesia di Piala Thomas dan Uber

Meski demikian, beberapa waktu lalu Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) merilis jadwal terbaru, setelah beberapa bulan turnamen internasional dibatalkan karena COVID-19.

Salah satu yang akan diselenggarakan Piala Thomas dan Uber 2020 di Aarhus, Denmark, 3-11 Oktober 2020. Hari ini, BWF juga merilis hasil undian Piala Thomas dan Uber.

Mengulik Sejarah Rudy Hartono, Sang Raja Tunggal Putra All England

VIVA Bulutangkis melansir dari situs resmi PBSI, proses pengundian ditayangkan secara langsung oleh BWF dari Kuala Lumpur, Malaysia, pada Senin siang, 3 Agustus 2020.

Sebanyak 16 tim Piala Thomas dan 16 tim Piala Uber akan bertanding memperebutkan lambang supremasi beregu putra dan beregu putri paling bergengsi ini. Kejuaraan ini akan berlangsung di Ceres Arena. 

Petaka Japan Masters 2023, Raksasa Sungai Gangga Dihancurkan Ganda Otot Super Dunia

Baca juga: Maharatu Bulutangkis Dunia 'Panaskan Mesin' Jelang Piala Uber

Meski rangkaian turnamen Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) belum ada yang digelar, kabar terbaru datang dari pebulutangkis top dunia. Ya, ia salah satu pebulutangkis yang dijuluki ganda otot super dunia, Yang Po Han.

Yang tampaknya mulai mempersiapkan diri untuk Piala Uber 2020. Ia memperlihatkan video singkat tengah latihan di atas lapangan.

"Stabilas dan pelatihan eksplosif. Pelatihan baru bergerak, kekuatan otot stabil dan eksplosif," tulis Yang dikutip VIVA Bulutangkis, Sabtu 8 Agustus 2020.

Seperti diketahui, Lu Ching Yao/Yang Po Han dijuluki ganda otot super karena mencetak sejarah menjadi ganda putra yang terbanyak mengikuti turnamen selama setahun. Berdasarkan catatan BWF, Lu/Yang sudah turun tanding di 26 turnamen dan 3 kejuaraan dunia sejak Januari hingga November 2019.

Mereka tercatat bertanding nyaris di semua level turnamen BWF, mulai dari Super 100, Super 300, Super 500, Super 750 dan Super 1000.

Lu/Yang pertama turun tanding di Thailand Masters, Malaysia Masters, Indonesia Masters, Spain Masters, German Open, All England Open, Swiss Open, Malaysia Open, Singapore Open, Australian Open, Canada Open, US Open, Indonesia Open, Japan Open, Thailand Open, Chinese Taipei Open, Vietnam Open, China Open, Korea Open, Dutch Open, Denmark Open, French Open, Macau Open, Fuzhou China Open, Hong Kong Open dan terakhir di Korea Masters.

Lalu berlaga juga di Tong Yun Kai Cup, Badminton Asia Championships dan BWF World Championships 2019.

Dari hasil perjalanan turnamen yang panjang dan beruntun itu, mereka akhirnya bisa finish di peringkat 8 ranking tur BWF dan mereka lolos ke BWF World Tour Finals 2019. Mereka menempati ranking 8 dengan perolehan poin total 86.130 kala itu.

Berikut hasil undian grup Piala Thomas dan Uber 2020:

Piala Thomas

Grup A

Indonesia

Malaysia

Belanda

Inggris

Grup B

Tiongkok

Taiwan

Australia

Perancis

Grup C

Denmark

India

Jerman

Algeria

Grup D

Jepang

Korea

Thailand

Kanada

Piala Uber

Grup A

Jepang

Taiwan

Mesir

Spanyol

Grup B

Korea

Indonesia

Australia

Malaysia

Grup C

Thailand

Denmark

Skotlandia

Kanada

Grup D

Tiongkok

India

Perancis

Jerman

Baca juga: Astaga, Ratu Bulutangkis Taiwan Kencani Wanita Cantik saat Pandemi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya