Indonesia Didepak dari All England, Fajar Alfian Ngadu ke Kang Emil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Perseteruan antara Tim bulutangkis Indonesia versus BWF makin memanas. Hal ini menyusul pasca didepaknya jagoan Tanah Air dari BWF World Tour Super 1000 All England Open 2021.

Setelah Lepas Hijab, Putri Ridwan Kamil Tegaskan Tak akan Kenakan Pakaian Terbuka

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF)  bersikukuh keputusan yang telah dibuat sudah final dan itu berdasarkan aturan yang dibuat pemerintah Inggris. Indonesia harus diisolasi bersama Turki berdasarkan rekomendasi dari National Health Service (NHS) atau otoritas kesehatan Inggris.

Memang, BWF akhirnya minta maaf ke fans bulutangkis Indonesia.  Mereka menyebut, pihaknya dan Badminton Inggris telah berupaya keras untuk bisa memperjuangkan Indonesia bisa berlaga. Namun itu adalah aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah Inggris.

Punya Harta Rp23 M, Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil yang Ditugaskan Maju Pilgub Jakarta

"Ini adalah keadaan yang sangat disayangkan dan sesuatu yang tidak diinginkan oleh BWF dan Bulutangkis Inggris untuk tim Indonesia dan Nesliha Yigit dari Turki. Kami dapat mengonfirmasi upaya keras yang dilakukan oleh Badminton Inggris untuk mendapatkan pengecualian bagi para pemain dan anggota tim Indonesia, dan untuk mencari opsi alternatif untuk menjamin partisipasi mereka," ujar BWF dari situs resminya. 

"Namun, undang-undang Pemerintah Inggris ada untuk, pertama dan terutama, melindungi publik Inggris dari COVID-19 dan keputusan mereka bersifat final dan tidak dapat dinegosiasikan," tambahnya.

Zara Putri Ridwan Kamil Unggah Foto Produk Pro-Israel, Langsung Tuai Hujatan

BWF mengklaim, pihaknya dan Badminton Inggris telah berkoordinasi dengan tim bulutangkis Indonesia. Ikut bersimpati dan merasakan bagaimana frustasinya pasca didepak.

"BWF dan Badminton England berhubungan dengan mereka yang terkena dampak dan berkomitmen untuk mendukung semua individu melalui masa isolasi diri mereka. Kami juga berbagi rasa frustrasi yang dirasakan oleh para pemain, serta banyak pendukung Indonesia di seluruh dunia," ucap BWF. 

"Kami sangat bersimpati atas apa yang telah terjadi dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada para pemain dan rombongan tim Indonesia, serta Yigit dari Turki. Kami menjamin Anda bahwa kami melakukan yang terbaik semampu kami, termasuk untuk terus menyediakan lingkungan yang aman bagi semua peserta."

Dukungan untuk memperoleh keadilan bagi Indonesia pun datang dari pejabat pemerintahan. Salah satunya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Intinya, ia menyampaikan ke pihak terkait apa yang dilakukan terhadap Indonesia tidak adil dan profesional. Kepada tujuh orang yang positif dari Denmark, India dan Thailand saja diperbolehkan test ulang.

"Jempol ini sudah ikut protes, juga Koh @marcusfernaldig , kali-kali direspon oleh
@allenglandofficial dan @bwf.official," tulis Ridwan Kamil di Instagramnya.

"terima kasih pak atas dukungannya," balas Marcus.

Fajar Alfian pun membalas komentar Kang Emil. "Sangat tidak adil pak gubernur @ridwankamil," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya