Grup Kevin/Marcus Membara, Monster Bulutangkis Taiwan Cari Mangsa

Pebulutangkis Taiwan, Lee Yang.
Sumber :
  • Instagram: Lee Yang

VIVA – Jadwal tempur pebulutangkis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 sudah diumumkan. Sektor ganda putri jadi satu-satunya wakil Merah Putih bertanding di laga pembuka.

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan

Pertandingan bulutangkis Indonesia akan dimulai pada 24 Juli hingga 2 Agustus 2021 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang.

Tujuh wakil Indonesia akan tampil di lima sektor, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. 

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Mengutip situs resmi Olimpiade Tokyo, ganda putra Indonesia rangking satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berada di grup A. 

Kevin/Marcus segrup dengan lawan yang berat. Ada Monster bulutangkis Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin, Ben Lane/Sean Vendy dari Inggris dan wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Anindya Bakrie Rapat dengan NOC Prancis dalam Rangka Persiapan Olimpiade 2024

Berikut, Kevin/Marcus berhadapan dengan Ben/Sean. Ini bakal jadi awal yang baik bagi The Minions.

Grup ini bisa dibilang grup neraka. Sebab Lee/Yang merupakan pebulutangkis yang menonjol yang kini menempati rangking tiga dunia. Satwiksairaj/Chirag juga merupakan ganda kokoh India, mereka kini menduduki rangking 10 dunia.

Sedangkan Ben/Sean hanya menempati rangking 18 dunia. Tentu ini menjadi ujian berat bagi mereka untuk bisa bersaing dengan yang lain.

Fakta Mengerikan

VIVA Bulutangkis mencatat, Lee/Yang kini menjadi penghancur Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Mereka sukses hattrick di turnamen 2021.

Gelar pertama didapatkan pada Thailand Open I (12-17 Januari). Kemudian Thailand Open II (19-24 Januari). Bahkan, BWF World Tour Finals pun berhasil mereka raih (27-31 Januari). Lee/Wang melibas Ahsan/Hendra dua kali.

Pertama, Lee/Wang menghabisi Ahsan/Hendra di semifinal Thailand Open II. Kemudian di partai puncak BWF World Tour Finals 2020.

Kemudian, Berbicara soal Satwiksairaj/Chirag pemain dengan julukan Raksasa Sungai Gangga itu menjadi sorotan karena sepakterjang mengerikan mereka di French Open 2019 dan Fuzhou China Open 2019.

Bagaimana tidak di dua turnamen itu tak ada satupun ganda putra dunia yang mampu mengalahkan Satwiksairaj/Chirag. Malahan mereka membantai para raksasa ganda putra dunia. Mereka hanya tumbang di tangan penguasa ranking 1 dunia, Kevin/Marcus kala itu.

Pada semifinal mereka menumbangkan Juara Asia 2019, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Wakil Jepang Itu dilibas juga cuma dalam dua game dengan poin dramatis 21-11, dan 25-23. Mereka baru tumbang di final dari tangan The Minions.

Sedangkan di Fuzhou China Open, di babak 16 besar Satwiksairaj/Chirag secara tak terduga kemballi mengalahkan ganda putra Jepang yang mengalahkan Kevin/Marcus di final Badminton Asia Championships 2019, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Endo/Yuta dilumat Satwiksairaj/Chirag melalui laga panjang berdurasi 1 jam 6 menit dengan skor 21-18, 21-23 dan 21-11.

Dan yang paling menakutkan lagi, mereka menjadi penghancur mimpi tuan rumah China untuk bisa menjuarai sektor ganda putra turnamen ini. Sebab, di perempatfinal satu-satunya wakil China yang tersisa yaitu Li Junhui/Liu Yuchen dilibas tanpa ampun.

Hebatnya lagi, Satwiksairaj/Chirag tak memerlukan game tambahan untuk menyingkirkan Juara Dunia 2018 itu dari Fuzhou China Open 2019. Junhui/Yuchen dihancurkan dalam dua game saja dengan angka 21-19 dan 21-15. Dan lagi-lagi akhirnya mereka tumbang di tangan Kevin/Marcus di semifinal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya