Ratu Bulutangkis Terkaya Sejagat Keok, Tai Tzu Ying ke Final Olimpiade

Tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying di Olimpiade Tokyo 2020
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Ratu bulutangkis Taiwan, Tai Tzu Ying melaju ke final bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. Hasil ini didapat usai menghancurkan Pusarla Venkata Sindhu.

Anindya Bakrie Rapat dengan NOC Prancis dalam Rangka Persiapan Olimpiade 2024

Berlaga di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Tzu Ying menghancurkan ratu bulutangkis terkaya sejagat itu dua gim langsung di semifinal, Sabtu 31 Juli 2021. 

Gim pertama, Tzu Ying mendapatkan dua angka dan membuka keunggulan 2-0. Sindhu mulai membalas dengan menyamakan kedudukan 2-2.

Daftar 9 Atlet Indonesia Lolos Olimpiade 2024 Paris

Laga berlangsung menarik, kedua pebulutangkis menampilkan skill memukau. Sindhu unggul dua angka 4-2 usai membuat Tzu Ying terjatuh.

Permainan atraktif dari Sindhu membuatnya kembali diuntungkan. Kedudukan 8-4 untuk Sindhu.

Rizky Juniansyah Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Angkat Besi Punya 2 Wakil

Perlahan, Tzu Ying pemegang rangking satu dunia itu mencoba membalas. Ia mendekat di angka 6-8, meski demikian, Sindhu menjaga jarak 9-6.

Sindhu melakukan tipuan-tipuan maut, membuatnya unggul di interval gim pertama 11-8.

Laga makin sengit, Tzu Ying mulai memberikan perlawanan dan menyamakan kedudukan 11-11. 

Saling melakukan kesalahan, Sindhu dan Tzu Ying bermain imbang 12-12. Semakin ketat, aksi kejar-kejaran angka terus tersaji kali ini 14-14.

Pertandingan makin memanas, Sindhu kian tertekan. Tzu Ying memenangkan gim pertama 21-18.

Tunggal putri India, Pusarla Venkata Sindhu di Olimpiade Tokyo 2020

Photo :
  • Tangkapan layar

Gim kedua, Tzu Ying membuka keunggulan 1-0, lalu dibalas 1-1. Sindhu berupaya bangkit, namun selalu direpotkan dengan aksi tipuan dari Tzu Ying.

Setelah bermain imbang 4-4, Sindhu tetinggal tiga angka 4-7.  Kembali membalas, namun Tzu Ying makin beringas, dan unggul di interval gim kedua 11-7.

Tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying di Olimpiade Tokyo 2020

Photo :
  • Tangkapan layar

Tzu Ying memaksa Sindhu melakukan kesalahan demi kesalahan, ia menjauh di angka 13-7.

Tzu Ying kian di atas angin, setelah unggul jauh dan akhirnya menyudahi perlawanan Sindhu 21-12.

Pada partai final, Tzu Ying berhadapan dengan Chen Yufei dari China yang mengalahkan rekan senegaranya, He Bingjiao.

Untuk diketahui, Sindhu meraih gelar Juara Dunia 2019. Ia juga dinobatkan oleh majalah Forbes sebagai atlet bulutangkis wanita terkaya.

Sepanjang 2019, Sindhu sudah mengantongi uang sebesar US$5,5 juta atau setara Rp78,1 miliar. Penghasilan Sindhu cukup mencengangkan.

Dari keringatnya di atas lapangan, Sindhu sebenarnya cuma mengantongi US$500 ribu atau senilai Rp7,1 miliar. Lonjakan penghasilan Sindhu paling besar adalah ketika mencapai final pertamanya di 2019 dalam ajang Indonesia Open.

Pemasukan terbesar Sindhu, justru berasal dari sponsor. Tercatat, Sindhu mengantongi uang dari sponsor hingga US$5 juta atau setara Rp71 miliar.

Dengan uang tersebut, Sindhu menempati posisi 13 atlet wanita terkaya versi Forbes. Penghasilannya setara dengan petenis America, Madison Keys.

“Sindhu masih menjadi atlet paling laris di India. Bintang bulutangkis India ini mendapatkan sponsor dari Bridgestone, JBL, Gatorade, Panasonic, dan lainnya. Dia menjadi wanita pertama yang memenangkan tur dunia BWF di 2018," begitu pernyataan Forbes dilansir Badminton Planet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya