Ada Peran Erick Thohir di Balik Sukses Greysia/Apriyani Sabet Emas

Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu.
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses menyabet emas Olimpiade Tokyo 2020. Ternyata, ada peran Menteri BUMN Erick Thohir di balik sukses Greysia.

Justin Hubner Gabung, Waktunya Indonesia U-23 Mati-matian Raih Kemenangan

Erick Thohir  memberikan kesan tersendiri dalam perjalanan karier bulutangkis Greysia karena pernah mendampinginya saat terpuruk di Olimpiade London 2012.

"Terima kasih pak (Erick Thohir), bapak yang selalu bilang sama saya jangan menyerah," kata Greysia saat melakukan video conference yang kemudian diunggah Erick dalam akun Instagramnya, Senin.

Pendaftaran Ujian Masuk UIN Dibuka Hari Ini
Justin Hubner Dapat Izin ke Indonesia U-23 dari Cerezo Osaka

Rasa terima kasih Greysia ini tak lepas dari peran Erick Thohir saat menjabat Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di Olimpiade London. Kala itu, Erick terus mendorong dan memotivasi Greysia yang didiskualifikasi bersama pasangannya Meiliana Jauhari.

Greysia/Meiliana dianggap sengaja mengalah saat laga terakhir babak penyisihan Grup C melawan wakil Korea Selatan Ha Jung Eun/Kim Min Jung. Mereka disinyalir melakukan hal tersebut agar terhindar dari pasangan China Wang Xiaoli/Yu Yang di perempatfinal.

Empat tahun berselang, Greysia kembali tampil di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016 bersama Nitya Krishinda Maheswari dengan mencapai perempat final. Tak lama setelah itu, Nitya mengalami cedera parah. Greysia pun kehilangan partner hingga sempat terpikir mengakhiri karier sebagai pebulu tangkis.

"Bapak, ketika 2012 selalu bilang sama saya, maju untuk 2016. Ketika 2016, waktu itu bapak juga yang bilang sama saya 'jangan berhenti dulu Greys, 2020 masih ada'. Dan ini pak hadiahnya buat bapak," kata Greysia sembari mengangkat medali emasnya.

Dalam kesempatan ini, Erick memberikan ucapan selamat sekaligus bangga dengan Gresyia dan Apriyani. Menurutnya, banyak hal yang telah dilalui keduanya hingga akhirnya meraih prestasi tertinggi di pentas Olimpiade. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya