Undian Piala Thomas-Uber: Indonesia Lawan Peraih Emas Olimpiade

Trofi Piala Thomas dan Uber
Sumber :
  • istimewa

VIVA –Federasi Badminton Dunia (BWF) telah selesai menggelar undian Piala Thomas-Uber 2020 yang dihelat di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Rabu 18 Agustus 2021. 

Meet Rudy Hartono, the Indonesian Badminton Maestro

Hasilnya, Tim Thomas Indonesia menjadi unggulan pertama berada di Grup A bersama Taiwan, Aljazair, dan Thailand.

Sementara, Tim Uber Indonesia juga berada di Grup A bersama Jepang, Jerman, dan Perancis.

Penampakan GOR Banthong yang Ingin Dijual Mantan Mertua Kurnia Meiga untuk Biaya Pengobatan

Dari hasil undian tersebut, skuad Merah Putih berada di dalam grup yang tidak bisa dianggap enteng. Ambil contoh Tim Thomas Indonesia.

Meski menjadi unggulan pertama berada di grup A, Merah Putih perlu mewaspadai Taiwan. Hal itu mengingat kekuatan materi pemainnya mereka yang merata.

Ricky Soebagdja Jadi Kabid Binpres PBSI

Seperti tunggal putra Chou Tien Chen dan Wang Tzu Wei serta peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 sektor ganda putra Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Di sisi lain, Tim Uber Indonesia juga harus mewaspadai kekuatan Jepang. 

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky menanggapi hasil undian tersebut. Rionny menuturkan, Indonesia berpeluang jadi juara grup Piala Thomas.

Namun, dia menyatakan, Taiwan bisa menjadi ancaman karena kekuatan pemain mereka merata. Apalagi dari sektor ganda putra Lee Yang/Wang Chi-Lin.

"Kekuatan mereka merata, apalagi ganda putranya (Lee Yang/Wang Chi-Lin) baru mendapat medali emas Olimpiade. Untuk Aljazair dan Thailand saya rasa kita bisa, tidak ada kendala," kata Rionny dalam rilis yang diterima VIVA.

Rionny menyampaikan, Tim Thomas mengincar posisi juara grup untuk menghindari bertemu lawan kuat di babak 8 besar, seperti China, Denmark, dan Jepang. 

"Setidaknya mengurangi tekanan dulu karena di delapan besar tekanan pasti jadi lebih besar," tuturnya.

Sementara, Rionny menyebut, Tim Uber perlu berkerja keras menghadapi Jepang. Jika bisa melawan mereka, kata dia, Indonesia bisa juara grup.

"Saya rasa kalau Jerman dan Perancis ini tidak masalah lah. Kalau melihat kekuatan kita unggul. Yang kita harus berjuang pasti lawan Jepang tapi tetap kalau bisa juara grup lebih baik," paparnya.

"Terpenting pelajarannya kita tidak boleh takut, mereka bisa kita kalahkan dengan persiapan yang baik, bermain dengan tenang dan memberikan tekanan pada mereka," tandasnya.

Menurut Rionny, saat ini PBSI belum memutuskan nama-nama pemain yang akan mengisi line up Merah-Putih, baik tim Thomas maupun tim Uber.

"Tapi persiapan sudah mulai dilakukan dan kita akan menurunkan tim terbaik demi mengembalikan supremasi bulutangkis ke pangkuan Ibu Pertiwi," tuturnya.

Piala Thomas-Uber 2020 sedianya digelar tahun 2020, tetapi ditunda karena pandemi Covid-19. Tahun ini, akhirnya turnamen beregu putra dan putri paling prestisius ini bakal berlangsung pada 9-17 Oktober di Aarhus, Denmark.

Berikut hasil undian Piala Thomas.

Grup A:
Indonesia
Chinese Taipei
Aljazair
Thailand

Grup B:
Denmark
Korea Selatan
Perancis
Jerman

Grup C:
China
India
Belanda
Tahiti

Grup D:
Jepang
Malaysia
Kanada
Inggris


Berikut hasil undian Piala Uber.
Grup A:
Jepang
Indonesia
Jerman
Perancis

Grup B:
Thailand
India
Spanyol
Skotlandia

Grup C:
Korea Selatan
Chinese Taipei
Tahiti
Mesir

Grup D:
China
Denmark
Malaysia
Kanada

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya