2 Tunggal Putri Muda Jangan Demam Panggung di Piala Sudirman

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung
Sumber :
  • NOC Indonesia

VIVA –Tunggal putri bulutangkis Indonesia menurunkan tiga nama yang akan ikut berlaga di Piala Sudirman 2021. Slot tiga nama itu dihuni oleh para pemain muda yang bakal berjuang demi Merah Putih di turnamen lambang supremasi beregu campuran.

Hasil Lengkap Pertandingan Pebulutangkis Indonesia di BAC 2024: Grego, Jonatan dan Ginting Ngamuk

Tiga nama pemain tunggal putri itu yakni, Gregoria Mariska Tunjung (22 tahun), Putri Kusuma Wardani (19 tahun), dan Ester Nurumi Tri Wardoyo (17 tahun).

Dari ketiga nama tersebut, hanya Gregoria yang matang pengalaman bermain di ajang beregu. Sementara Putri dan Ester adalah seorang pemain debutan.

Gregoria Mariska Tumbang, Indonesia Cuma Sabet Satu Gelar di Swiss Open 2024

Di atas kertas, kondisi tersebut membuat tunggal putri bisa bergantung pada Gregoria dalam menyumbang poin untuk Indonesia. Sebab, Grego sapaan akrabnya, cukup tangguh dengan berada di peringkat 21 dunia.

Asisten pelatih tunggal putri utama Herli Djaenudin menyadari kondisi tersebut. Namun, Herli sudah menyiapkan program khusus untuk tunggal putri khususnya Putri dan Ester.

Ditambah Gregoria Mariska, Indonesia Kirim 3 Wakil ke Final Swiss Open 2024

"Programnya dengan satu lawan dua, juga sparring dengan tim putra sudah kita lakukan," kata Herli dalam rilis yang diterima VIVA, Kamis 16 September 2021.

Selain itu, Herli menuturkan, strategi permainan, latihan fisik dan stamina juga sudah diberikan. Tak terkecuali Ester yang masih berada di tim pratama juga sekarang menjalani latihan bersama tim utama.

Tujuannya selain untuk meningkatkan kualitas latihan seperti tenaga, pola main dan sebagainya, juga untuk membiasakan diri untuk bergabung dengan Gregoria dan Putri. 

"Agar ia tidak canggung dan merasa ada di dalam tim," jelas Herli.

"Semoga tunggal putri ini terutama Putri dan Ester yang baru pertama kali ikut Piala Sudirman bisa bermain lepas dan luar biasa," sambung dia.

Sejauh ini, Herli menambahkan, persiapan tunggal putri untuk saat ini sudah mendekati ke hari pertandingan lebih ke strategi permainan. Juga lebih mengasah senjata-senjata yang dimiliki tiga tunggal putri.

"Kondisi mereka sudah 90 persen dan siap turun di Piala Sudirman nanti," sebut dia.

Turnamen yang menjadi lambang supremasi beregu campuran itu bergulir pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang di Finlandia. Tim bulutangkis Indonesia terus mengejar persiapan demi usaha merebut gelar juara.

Tim Indonesia akan mengawali laga di Grup C Piala Sudirman kontra Rusia pada 26 September, dilanjut melawan Kanada pada 27 September, dan melawan Denmark tanggal 29 September. Dua terbaik grup C akan melaju ke babak perempatfinal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya