Diserang Kanker, Begini Kondisi Pilu Eks Ratu Bulutangkis Indonesia

Mantan atlet bulutangkis Indonesia, Verawaty Fajrin terbaring di Rumah Sakit
Sumber :
  • Instagram: Rosiana Tendean

VIVA – Kabar kurang baik datang dari mantan atlet Tanah Air. Ratu bulutangkis Indonesia era 1980-an Verawati Fajrin kini sedang terbaring tak berdaya di rumah sakit karena sakit kanker paru-paru.

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Kondisinya cukup memprihatinkan. Wanita yang pernah bermain di sektor tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran itu sempat menjalani kemoterapi di rumah sakit persahabatan.

Mantan pebulutangkis lainnya, Rosiana Tendean menyebut, bahwa Verawaty sang pemenang medali emas Asian Games 1978 itu dipindahkan ke Rumah Sakit Dharmais karena kondisinya yang tidak membaik.

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Kanker Nasional Dharmais dr. R. Soeko W. Nindito D., MARS mengungkapkan kondisi pilu tentang Verawaty Minggu malam 20 September 2021. Hal itu terungkap dari isi chatnya kepada Sekretaris Kementeri Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto.

"Saat ini Bu Vera dirawat di tulip 602, ini ruang rawat akan dipindahkan ke ruang mawar karena baru kosong. Memang tampak kesakitan walaupun sudah diterapi, tidak seperti biasanya tegar dan banyak bercanda pada perawatan sebelumnya.

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

Sepertinya keluarga berharap Bu Vera di rawat intensif di RS saja, karena beliau hanya bed rest saja, tidak dapat aktif bangun atau duduk.

Izin Pak Ses bila memungkinkn apakah bisa dinegosiasi ke bpjs terkait status kepesertaan yang kelas 2 menjadi kelas 1 atau di atas, supaya berita di masyarakat lebih baik, walau kelas 2 pun banyak yang berniat membantu finansial.. demikian kondisi terakhir beiau pak ses. mtr nwn," kata Nidito.

Gatot pun menyampaikan kabar tersebut kepada istri Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia, Agum Gumelar yang sempat menanyakan soal penanganan Verawaty kepadanya.

"Selamat malam Bu Linda Agum Gumelar. Alhamdulillah sejam yang lalu saya dapat info dari Dirut RS Dharmais, yang mengabarkan bahwa Alhamdulillah Mbak Verawaty sudah bisa rawat jalan.

Mengenai kekurangan akan menjadi tanggung jawab kami dari Kemenpora. Terima kasih Bu Linda dan Pak Agum Gumelar sudah sangat peduli ttg Mbak Verawaty. Nuwun. Wass," jelasnya. 

Sekadar informasi, selama menjadi atlet Verawaty merupakan pemain serbabisa yang menjadi andalan Indonesia di tiga nomor sekaligus. Prestasi yang paling diingat adalah keberhasilannya merebut 12 medali emas SEA Games sepanjang kariernya.

Bersama tim Indonesia, Verawaty merebut juara kategori beregu SEA Games enam kali berturut-turut pada 1977, 1979, 1981, 1985, 1987, 1989. Dia pun menorehkan prestasi di nomor perorangan SEA Games di nomor ganda putri (1979, 1981, 1987), tunggal putri (1981), dan ganda campuran (1987, 1989).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya