Deretan Pebulutangkis Indonesia Bergelar Sarjana, Ada Greysia Polii

Greysia Polii saat rayakan kelulusan di Universitas Trisakti
Sumber :
  • Instagram: Greysia Polii

VIVA – Banyak kisah inspiratif dari pebulutangkis Indonesia. Baik soal prestasi dan lainnya.

Momen Zara Nonton Langsung All England Sebelum Lepas Hijab, Lihat Jojo dan Fajar/Rian Juara

Sukses dalam karier tentu membanggakan, namun ada juga hal-hal yang membuat para atlet yang bikin salut di sisi lain. Ya, hal itu adalah soal pendidikan.

Selain membuat bangga Indonesia dengan kariernya, ternyata ada beberapa atlet tepok bulu yang merupakan seorang sarjana.

4 Wakil Indonesia Hadapi Lawan Tangguh di Perempat Final BAC 2024 Hari Ini

Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa dari pebulutangkis itu yang masih aktif membela Indonesia. Mereka antara lain, Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian.

1. Mohammad Ahsan

Tampil di BAC saat Lebaran, Skuad Bulutangkis Indonesia Ingin Lanjutkan Sukses All England 2024

Ganda putra senior Indonesia ini masih aktif bermain. Nyatanya, Ahsan adalah pebulutangkis yang memiliki gelar sarjana.

Pebulutangkis Indonesia, Mohammad Ahsan.

Photo :
  • Instagram: Mohammad Ahsan

Ahsan lulus dari Universitas Budi Luhur dan merengkuh gelar Sarjana Ekonomi pada 2011 silam. Tentu apa yang diraih Ahsan menjadi modal baginya, terlebih di usia yang sudah tak lagi muda.

2. Fajar Alfian

Masih dari ganda putra Indonesia, Fajar Alfian juga telah menempuh dunia pendidikan perguruan tinggi dan kini telah berlabel sarjana. Pria yang berduet dengan Muhammad Rian Ardianto itu menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) karena sudah lulus menuntut ilmu di Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNIBBA, 2018.

Saat ini Fajar masih terus berlaga dan menjadi andalan Indonesia. Pada 2019 lalu, Fajar menerima SK CPNS Kemenpora.

3. Greysia Polii

Nama Greysia Polii mungkin sudah tak asing lagi bagi para pecinta bulutangkis Tanah Air. Punya banyak prestasi ia juga menyelesaikan pendidikan D3 Perpajakan di Universitas Trisakti pada Oktober 2015.



4. Pia Zebadiah

Selain pemain ganda putra, terdapat pebulutangkis di sektor putri Indonesia yang tak melupakan dunia pendidikan saat berkaier. Ia adalah Pia Zebadiah Bernadet.

Pia menempuh pendidikan di STIE Mulia Pratama Bekasi dan menyandang gelar Sarjana Ekonomi Manajemen sejak diwisuda pada 2011 silam. Perempuan kelahiran Medan itu masih aktif bertanding di dunia bulutangkis, berpasangan dengan Ricky Karanda Suwardi di sektor ganda campuran.

5. Bona Septano

Eks pebulutangkis Indonesia di sektor ganda putri, Bona Septano merupakan atlet yang juga memiliki gelar sarjana ketika berkarier. Ia sukses membagi waktu antara pendidikan dan olahraga dengan sangat baik dan lulus pada awal November 2011.

Adik kandung Almarhum Markis Kido itu sukses menyandang gelar Sarjana Ekonomi Manajemen dengan IPK 3,26. Suatu keuntungan bagi Bona yang kini menjadi Pilot.

6. Luluk Hadiyanto

Legenda bulutangkis Indonesia Luluk Hadiyanto juga menjadi atlet nasional yang tidak melupakan dunia pendidikan semasa berkarier. Mantan pasangan Alvent Yulianto ini sukses menjadi wisudawan kala menempuh Jurusan Ilmu Administrasi Negara, FISIP, UI pada 2013 silam dengan IPK 3,30.

Bukan hanya itu, pada 2014 Luluk melanjutkan kuliah S2 di Jurusan Magister Sport Managemen UNJ. Ia juga menjadi PNS Kemenpora dan pelatih di SKO Ragunan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya