Kecil-kecil Cabe Rawit, Putri KW Siap Gemparkan Piala Sudirman 2021

Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani.
Sumber :
  • badmintonindonesia.org

VIVA – Piala Sudirman 2021 bakal dihelat. Perebutan lambang supremasi ajang beregu campuran ini akan berlangsung pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang di kota Vantaa, Finlandia.

9 Wakil Indonesia Tempur di 16 Besar Spain Masters Hari Ini, Ada Putri KW dan Rehan/Lisa

Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) telah memilih 20 atlet terbaik untuk mengisi skuad tim Piala Sudirman 2021. Skuad Merah-Putih terdiri 11 atlet putra dan 9 atlet putri. 

Tunggal putra, tunggal putri dan ganda putra masing-masing membawa tiga wakil, sementara ganda putri dan ganda campuran dua wakil.

Pemilu 2024, Pebulutangkis Muda Indonesia Ungkap Harapan untuk Calon Pemimpin Baru RI

Skuad bulutangkis Indonesia pun telah berangkat ke Finlandia dan siap tempur untuk merebut kembali Piala Sudirman yang telah lama tak pulang ke pangkuan Ibu Pertiwi. Mereka resmi dilepas untuk berangkat ke Vantaa, Finlandia pada Selasa malam WIB, 21 September 2021.

Kehadiran Pemain Muda

Daftar Lengkap Skuad Indonesia di BATC 2024, Siapa Saja Lawannya?

Dari 20 pemain yang masuk dalam skuad Garuda, empat di antaranya merupakan pemain muda, yakni tunggal putri Putri Kusuma Wardani alias Putri KW (19) dan Ester Nurumi Tri Wardoyo (16) serta ganda campuran Rinov Rivaldy (21) dan Pitha Haningtyas Mentari (22).

Bagi Putri KW, dipilihnya masuk skuad bulutangkis Indonesia di event tersebut merupakan suatu tantangan besar. Ia siap gemparkan Piala Sudirman, ia juga bertekad untuk membuktikan bahwa ia mampu meski sebagai pemain muda.

"Soal dipilih di skuad untuk Piala Sudirman itu tergatung pelatih sendiri. Terbebani enggak, lebih termotivasi aja. Ingin membuktikan ke pelatih yang udah milih saya dan ke orang-orang bahwa saya bisa," kata Putri saat sesi bincang online, Selasa 14 September 2021 lalu.

"Ke depan saya memang mempunyai target. Saya pengen juara di kelas dunia di turnamen-turnamen lainnya," kata dia.

Sementara itu,  Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Rionny Mainaky mengatakan para pemain yang dipilih sudah pemain terbaik. Termasuk para pemain muda yang akan tempur.

"Untuk tim Piala Sudirman ini memang dasarnya sudah dipilih dari pemain-pemain terbaik. Kami melihat kesiapan mereka baik di latihan maupun di simulasi lalu. Memang ada pemain yang tidak menang di simulasi tapi secara permainan mereka sudah sangat baik. Tidak mengecewakan. Itu jadi penilaian kami juga," ucap Rionny.

"Di sisa waktu ini, kami fokus menggenjot persiapan mereka. Baik fisik maupun teknik untuk meningkatkan performa mereka. Saya sudah sampaikan ke semua sektor bahwa kita jangan lengah dan harus siap. Semoga kita bisa mendapatkan hasil terbaik," tambahnya.

"Putri dan Rinov/Pitha sudah membuktikan diri dengan juara Spain Masters kemarin. Secara teknis dan kemampuan juga mereka bagus dan saya rasa mereka sudah siap untuk turun di ajang beregu. Untuk Ester, dia kan pemain menyerang, saya rasa ini bisa menjadi tekanan untuk lawan apalagi permainannya belum banyak diketahui lawan. Selain itu, ini semua juga jadi bagian dari program regenerasi dan pengalaman buat mereka," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya