Ganda Peraih Emas Olimpiade Hajar Fajar/Rian, Taiwan Imbangi Indonesia

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Sumber :
  • Twitter/@INABadminton

VIVA – Taiwan berhasil menyamakan kedudukan atas Indonesia setelah pasangan ganda putra Lee Yang/Wang Chi-Lin mengalahkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dalam duel rubber game di partai kedua laga terakhir Grup A Piala Thomas 2020. Lee/Wang menang 28-26, 16-21, dan 21-14 yang membuat skor imbang 1-1.

Rekam Jejak Indonesia di Piala Thomas dan Uber

Bertarung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Rabu 13 Oktober 2021, kedua pasangan menampilkan duel ketat sejak awal pertandingan. Fajar/Rian sukses mengimbangi permainan cepat yang diterapkan pasangan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 tersebut.

Bahkan, Fajar/Rian lebih dulu mencapai interval pertama di posisi 11-10. Mereka sempat meninggalkan Lee/Wang 14-11.

Mengulik Sejarah Rudy Hartono, Sang Raja Tunggal Putra All England

Sayangnya, wakil Merah Putih itu beberapa kali melakukan kesalahan sehingga lawan bisa menyamakan kedudukan. Duel terus berjalan sengit hingga terpaksa mencapai deuce 20-20.

Justru, di masa ini pertarungan kedua pasangan semakin sengit. Fajar/Rian mampu merepotkan Lee/Wang dan bahkan hampir menuntaskan gim pertama dengan kemenangan. Sayang, Indonesia lengah dan gim pertama dimenangkan Lee/Wang 28-26.

Faktor Utama Kegagalan Tim Putra di Piala Thomas dan SEA Games

Kecolongan di gim pertama, Fajar/Rian coba membalas di gim kedua. Benar saja, Fajar/Rian tampil meledak di gim ini.

Atlet pelatnas Cipayung itu membuat Lee/Wang kewalahan dengan pukulan-pukulan kerasnya. Mereka juga bermain cerdik dengan mengandalkan pukulan lob pendek di depan net.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Photo :
  • PBSI (Badminton INA).

Meski sempat tertinggal 5-8, Fajar/Rian mampu menyamakan kedudukan menjadi 10-10. Kemudian, pertarungan kembali sengit hingga Fajar/Rian mampu berbalik unggul di posisi 16-14.

Setelahnya, Indonesia bisa menyudahi gim kedua dengan kemenangan berkat raihan empat angka beruntun di akhir gim dengan 21-16.

Performa apik di gim kedua gagal direplika Fajar/Rian di gim penentuan. Mereka sudah tertinggal jauh sejak awal dengan 2-5.

Posisi Fajar/Rian semakin sulit setelah Lee/Wang bisa menorehkan empat angka beruntun menjadi 13-6. Kendati demikian, keduanya tetap memberikan perlawanan untuk mengejar ketinggalan.

Sayang, upaya Fajar/Rian tak berbuah manis. Indonesia takluk dari Taiwan setelah Lee/Wang menyudahi duel gim ketiga ini dengan kemenangan 21-14.

Kekalahan ini membuat Taiwan sukses menyamakan kedudukan atas Indonesia. Skor 1-1 setelah sebelumnya Anthony Sinisuka Ginting berhasil mempermalukan Chou Tien Chen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya