Gagal Bawa Indonesia ke Semifinal Piala Uber, Gregoria Minta Maaf

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung di Piala Uber
Sumber :
  • Instagram: badminton.ina

VIVA – Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala Uber 2021 usai dikalahkan Thailand 2-3. Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, meminta maaf atas kegagalan ini.

Rekam Jejak Indonesia di Piala Thomas dan Uber

Gregoria yang tampil di partai perdana melawan Pornpawee Chocuwong di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Jumat 15 Oktober 2021, dini hari WIB, dipaksa menyerah dalam duel tiga gim, 21-14, 10-21, dan 10-21.

"Maaf saya gagal menyumbangkan angka. Sayang, saya tidak bermain bagus di gim kedua dan ketiga," ujar Gregoria, dalam keterangan resmi PBSI, usai pertandingan.

Penyesalan Gregoria Mariska Tersingkir dari All England 2024

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung di Piala Sudirman

Photo :
  • Tangkapan layar

Terpancing Pola Permainan Lawan

Gregoria Mariska Mengganas, Hancurkan Wakil Korea di French Open 2024

Lebih lanjut, Gregoria mengaku, bahwa dirinya mampu mengontrol permainan pada gim kedua dan berhasil memainkan pola sesuai dengan keinginan.

Namun, pada gim kedua, Gregoria mengatakan, sempat terpancing permainan lawan yang tampil dengan tempo lambat.

"Tadi di gim pertama saya bisa mengontrol permainan, Pola saya bisa keluar semua. Saya lebih berani menyerang dan menang," ucapnya.

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung

Photo :
  • Instagram: badminton.ina

"Di gim kedua, ketika lawan mengubah tempo menjadi lambat, saya malah terpancing. Saya mengikuti pola lawa dan karena saya mau bermain aman, malah sering salah dan tertekan terus," jelasnya.

Sedangkan, di gim ketiga, Gregoria juga tak berani mengambil risiko untuk keluar menyerang.

"Gim ketiga tidak ada serangan. Padahal, seperti gim pertama, saya dapat banyak angka lewat serangan," ungkap pebulutangkis peringkat 21 dunia tersebut.

"Saya tidak berani menyerang, padahal saya tahu saya bisa dapat poin dari serangan. Sangat disayangkan, saya kalah dengan cara seperti itu," tuturnya.

Hasil Indonesia Vs Thailand

Usai kekalahan Gregoria, Indonesia sebenarnya mampu menyamakan kedudukan. Ganda putri andalan Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, berhasil mengalahkan Jongkolphan Kitutharakul/Rawinda Prajongjai di partai kedua.

Greysia/Apriyani menang dalam laga yang berlangsung tiga gim dengan skor 21-17, 17-21, dan 21-19.

Namun, Indonesia kembali tertinggal 2-1 dari Thailand setelah Putri Kusuma Wardani dikalahkan Busanan Ongbamrungphan dengan skor 9-21, 21-23.

Indonesia sempat menjaga asa lolos ke semifinal Piala Uber 2021 setelah Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto menyamakan kedudukan menjadi 2-2. 

Siti/Ribka sukses menekuk pasangan Thailand, Puttita Supajiraku/Sapsiree Taerattanachai dengan skor 21-19. 15-21, dan 21-15.

Sayangnya, di laga penentuan, tunggal putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dipaksa menyerah dari Phittayaporn Chaiwa dengan skor 23-25, dan 8-21.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya