Akhir Penantian Panjang Indonesia Juara Piala Thomas

Indonesia juara Piala Thomas 2020
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Indonesia memastikan juara Piala Thomas 2020 usai menaklukkan China. Tak tanggung-tanggung, Tim Merah Putih mempermalukan lawannya dengan skor 3-0.

Rekam Jejak Indonesia di Piala Thomas dan Uber

Tampil di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu 17 Oktober 2021, Indonesia mendulang poin dari Anthony Sinisuka Ginting, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Jonatan Christie. Tak ada satu pun wakil Tanah Air yang kehilangan poin di pertandingan ini.

Kemenangan ini sekaligus mencatatkan sejarah baru bagi Indonesia yang sudah cukup lama puasa gelar Piala Thomas. Ya, Indonesia sebelumnya tak pernah mengangkat trofi Piala Thomas selama 19 tahun lamanya.

Mengulik Sejarah Rudy Hartono, Sang Raja Tunggal Putra All England

Terakhir kali Tim Merah Putih menjuarai turnamen ini pada 2002 silam. Kala itu, Indonesia menumbangkan Malaysia.

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di Piala Thomas

Photo :
  • Instagram: BWF
Faktor Utama Kegagalan Tim Putra di Piala Thomas dan SEA Games

Kemenangan tersebut didapat lewat perjuangan keras lantaran Indonesia harus menjalani lima partai sebelum memastikan kemenangan 3-2 atas Malaysia.

Kala itu, Indonesia diperkuat sejumlah nama besar macam Marleve Mainaky, Candra Wijaya/Sigit Budiarto, dan Taufik Hidayat. Namun, Malaysia sukses memberikan perlawanan ketat.

Wakil Negeri Jiran bisa meraih angka dari sektor tunggal putra. Wong Choong Hann menumbangkan Marleve Mainaky. Sedangkan Lee Tsuen Seng menaklukkan Taufik Hidayat.

Beruntung, Indonesia bisa mendulang poin dari pasangan ganda putra Candra Wijaya/Sigit Budiarto dan Halim Haryanto/Tri Kusharyanto.

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Piala Thomas 2020

Photo :
  • Instagram: badminton.ina

Pada partai penentuan, Hendrawan bisa mengalahkan Roslin Hashim dan memastikan Piala Thomas jatuh ke tangan Indonesia.

Setelah edisi 2002, China mampu mendominasi turnamen ini dengan juara lima kali beruntun sebelum dipatahkan Jepang pada 2014.

Kini, setelah 19 tahun lamanya, Piala Thomas kembali ke tangan Indonesia. Semoga, kesuksesan ini bisa dipertahankan oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo cs pada 2022 mendatang.

Selamat bagi Indonesia yang telah mempersembahkan Piala Thomas ke-14 sepanjang berlangsungnya turnamen ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya