8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia Peraih Medali Emas pada Ajang Olimpiade

Greysia/Apriyani raih medali emas Olimpiade Tokyo 2020
Sumber :
  • NOC Indonesia

VIVA – Atlet bulu tangkis Indonesia yang pernah meraih medali emas di ajang olimpiade wajib diketahui. Sebab, olahraga ini merupakan salah satu cabang yang kerap menyumbangkan medali emas untuk Indonesia dalam perhelatan lomba tingkat dunia.

Cdm Indonesia Anindya Bakrie Ingin Pertahankan Tradisi Emas Olimpiade

Menariknya, deretan atlet bulu tangkis Indonesia memiliki nama besar dan disegani oleh atlet bulu tangkis dunia lainnya. Prestasi yang mereka torehkan di cabor bulu tangkis ini sangat membanggakan. Karena berhasil mempersembahkan medali emas untuk Indonesia dalam ajang perlombaan terbesar di dunia.

Selain mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, rupaya bulu tangkis juga sering menghadirkan generasi pemain yang hebat. nah, untuk kamu yang semakin penasaran mengenai atlet bulu tangkis Indonesia yang pernah meraih medali emas di ajang olimpiade, simak ulasan berikut yang disadur dari berbagai sumber.

Pelajar SMPN 3 Binjai Sabet Medali Emas di Kejuaraan Taekwondo Kapolri Cup

Lalu, Siapa Saja Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Pernah Meraih Medali Emas?

Susi Susanti

SOIna Dapat Dukungan 'Senjata' Baru, Atlet Disabilitas Siap Harumkan Indonesia

Pebulutangkis Indonesia Susi Susanti

Photo :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

Nama Susi Susanti tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta olahraga terutama bulu tangkis. Sebab, ia pernah meraih medali emas untuk Indonesia di Olimpiade. Pada saat itu, atlet yang kini banyak berperan di belakang layar itu, mempersembahkan medali emas dalam cabang bulu tangkis nomor tunggal putri pada Olimpiade Barcelona 1992.

Bahkan, dapat dikatakan ia sebagai legenda atlet bulu tangkis Indonesia tunggal putri yang sangat tangguh sehingga sering disegani di dunia.

Alan Budikusuma

Susy Susanti & Alan Budikusuma saat meraih emas Olimpiade 1992 Barcelona

Susy Susanti & Alan Budikusuma saat meraih emas Olimpiade 1992 Barcelona

Photo :
  • google

Pada Olimpiade Barcelona tahun 1992, bulu tangkis Indonesia sempat Berjaya. Karena setelah Susi Susanti mempersembahkan medali emas untuk nomor tunggal putri, Alan Budikusuma juga turut menyumbangkan medali emas untuk nomor tunggal putra.

Mereka berdua, Alan dan Susi, merupakan sepasang kekasih yang turut menyumbangkan emas kala itu. Sehingga keduanya dijuluki sebagai ‘Pengantin Olimpiade, karena setelah itu keduanya melangsungkan pernikahan tahun 1997 setelah pensiun pasca Olimpiade Atlanta tahun 1996.

Ricky Subagja dan Rexy Minaky

Bila kamu seorang penggemar bulu tangkis pasti pernah mendengar pasangan ganda putra Ricky Subagja dan Rexy Mainaky. Dapat dikatakan kedua atlet ini merupakan legenda pasangan ganda putra kebanggaan Indonesia pada zamannya.

Pasangan ganda putra ini juga turut menuliskan namanya sebagai atlet bulu tangkis Indonesia yang pernah meraih medali emas di ajang Olimpiade. Pada saat itu, ganda putra unguulan Indonesia ini berhasil meraih medali emas dalam ajang Olimpiade Atlanta tahun 1996.

Tony Gunawan dan Candra Wijaya

Bukan hanya ganda putra Ricky dan Rexy, tapi atlet ganda putra Tony Gunawan dan Candra Wijaya juga tidak kalah berprestasi. Ganda putra kebangaan Indonesia ini disegani oleh para pemain lain di dunia lewat deretan prestasi yang ditorehkan. Keduanya berhasil meraih medali emas cabor bulu tangkis nomor ganda putra pada Olimpiade Syndey tahun 2000.

Taufik Hidayat

Bukan penggemar bulu tangkis bila kamu tidak kenal dengan sosok Taufik Hidayat. Taufik Hidayat sangat terkenal saat itu sebagai seorang pebulu tangkis Indonesia dengan ciri khas smash yang menyulitkan lawan.

Dirinya berhasil meraih banyak kemenangan di laga dunia, salah satunya sukses memboyong medali emas nomor tunggal putra pada Olimpiade Athena 2004. Bukan hanya prestasi yang gemilang, charisma visual Taufik Hidayat juga sukses membuat kaum hawa menggilai dirinya.

Markis Kido dan Hendra Setiawan

Pasangan ganda putra Indonesia terbilang mampu menjaga prestasi dari generasi ke generasi. Sesudah kemenangan pasangan Ricky/Rexy dan Tony/Candra, prestasi juga ditorehkan oleh pasangan Markis Kido dan Hendra Setiawan. Pasangan ini berhasil memboyong medali emas nomor ganda putra pada ajang Olimpiade Beijing 2008.

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir

Kini giliran ganda campuran yang berhasil menorehkan prestasi di kancah dunia. Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir berhasil membuat lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dikumandangkan di Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016.

Pasangan ganda campuran ini yang akrab dengan julukan Owi/Butet ini telah banyak menorehkan prestasi. Namun sayang, Butet saat ini telah gantung raket pada usia 32 tahun, sedangkan Owi juga memutuskan untuk pensiun dini.

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu

Lengkap sudah semua nomor cabang olahraga bulu tangkis Indonesia meraih medali emas. Nama Greysia Polii dan Apriyani Rahayu banyak diperbincangkan oleh masyarakat karena berhasil meraih medali emas dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020 kemarin.

Medali emas yang yang dipersembahkan oleh atlet ganda putri Indonesia merupakan yang pertama dalam ajang Olimpiade. Sehingga prosesi pengalungan medali emas dan juga lagu “Indonesia Raya” dikumandangkan menjadi momen haru sekaligus membanggakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya