Merah Putih Tak Berkibar, Puan Desak Menpora Selesaikan Masalah

Ketua DPR RI Puan Maharani
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Ketua DPR RI Puan Maharani meminta kepada pemerintah, khususnya Menpora Zainudin Amali menyelesaikan masalah dengan Badan Antidoping Dunia(WADA). 

Jadwal dan Siaran Langsung Tim Bulutangkis Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2024

Hal ini menanggapi peristiwa Bendera Merah Putih tak bisa dikibarkan dalam upacara pemberian trofi di Piala Thomas, Minggu 17 Oktober 2021.

Permasalahan ini tak bisa dibiarkan begitu saja. Jika tidak segera diatasi, Indonesia tidak bisa menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga tingkat regional hingga dunia karena masih diberi Sanksi. 

Target PBSI Bawa Indonesia Kembali Juara Piala Thomas

"Tentunya ini akan mempengaruhi nama baik Indonesia dalam bidang olahraga. Apalagi tim Indonesia tak boleh membawa nama dan mengibarkan bendera negara dalam kejuaraan regional, kontinental, dan dunia, kecuali Olimpiade," kata Puan Senin 18 Oktober 2021.

Menpora RI, Zainudin Amali

Photo :
  • Tangkapan layar
Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Puan meminta agar bulutangkis mendapat perhatian lebih dari pemerintah, baik dari sisi pembinaan dan anggaran. Sebab bulutangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat berpotensi menyumbangkan banyak prestasi untuk Indonesia. 

"Pemerintah harus terus memberi perhatian terhadap pembinaan bulu tangkis agar tradisi emas bulutangkis, khususnya Olimpiade dan Thomas Cup oleh Indonesia terus dipertahankan," ujarnya. 

Meski begitu, secara khusus ia menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh atlet, pelatih dan ofisial bulutangkis Indonesia yang sukses meraih Thomas Cup untuk ke-14 kalinya, sejak terakhir menjuarai ajang ini pada 2002.

"Saat para atlet, pelatih, official dan seluruh masyarakat Indonesia ikut bernyanyi lagu Indonesia Raya dengan khidmat sambil tangan kanan di dada, sesungguhnya Bendera Merah Putih telah ‘berkibar’ di dada kita semua," kata Puan.

Selain itu, mantan Menko PMK itu juga merasa senang Indonesia bisa merebut kemenangan dari China yang hampir dalam dua dekade terakhir, mendominasi Thomas Cup. 

Tak ada bendera Merah Putih saat Indonesia juara Piala Thomas

Photo :
  • Badminton Indonesia / PBSI

Kerja keras tim Indonesia pun berhasil menggagalkan China menjadi juara bertahan di  turnamen bulu tangkis bergengsi tersebut.

"Kini posisi Indonesia atas China di Thomas Cup semakin tinggi, di mana Indonesia sudah memiliki 14 titel juara, sementara China 10 gelar juara. Sungguh kebanggan luar biasa dan saya salut karena bulu tangkis Indonesia bangkit justru saat pandemi COVID-19," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya