Pengakuan Hendra Setiawan Usai Singkirkan Ganda Otot Super Dunia

Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di French Open 2021
Sumber :
  • Instagram: badminton.ina

VIVA – Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, tampil ganas saat menghadapi ganda otot super dunia, Lu Ching Yao/Yang Po Han, pada babak 16 besar BWF World Tour Series Super 750 French Open 2021. Pasangan berjuluk The Daddies itu menang rubbergame 21-16, 14-21, dan 21-15 dalam tempo satu jam.

Kalah di Semifinal French Open 2024, Titik Balik Chico Aura Usai Cedera

Tampil di Stade Pierre de Coubertin, Kamis 28 Oktober 2021, Ahsan/Hendra tampil sangat baik menghadapi Lu/Yang sejak gim pertama. Mereka tampil dengan sabar meladeni serangan dan pukulan dari wakil Taiwan tersebut.

Sempat tertinggal jauh 3-8, Ahsan/Hendra bisa menyamakan kedudukan jadi 10-10. Pertarungan kembali sengit usai kondisi imbang.

Fajar/Rian Tumbang, Chico Aura Satu-satunya Wakil Indonesia di Semifinal French Open 2024

Namun, mereka bisa menyudahi gim pertama dengan kemenangan setelah membukukan empat poin beruntun dan unggul 21-16.

Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Photo :
  • Instagram: badminton.ina
Kandaskan Anders Antonsen, Chico Aura Tembus Semifinal French Open 2024

Gim kedua berjalan lebih seimbang. Dengan usia yang lebih matang, Ahsan/Hendra mampu mengimbangi permainan Lu/Yang yang berusia lebih muda dan memiliki stamina jauh di atasnya.

Kendati demikian, Ahsan/Hendra harus rela kehilangan gim kedua setelah Lu/Yang mampu mempertahankan performa apiknya. Mereka unggul 21-14 untuk memaksa berlanjut ke rubber game.

Ahsan/Hendra menunjukkan kedewasaan dalam bermain pada gim ketiga. Sejak awal, mereka sudah mendominasi duel pamungkas ini dan bahkan unggul jauh 11-4.

Performa mengerikan The Daddies semakin menjadi-jadi usai interval gim ketiga. Tanpa kesulitan berarti, mereka mendulang poin demi poin untuk memuluskan langkah ke babak perempat final.

Tiga poin beruntun mereka catatkan untuk mengunci match point. Mereka akhirnya menyudahi pertandingan ini dengan kemenangan setelah mengunci gim pamungkas 21-15.

Pengakuan Hendra Setiawan Usai Habisi Ganda Otot Super Dunia

Usai menghabisi Lu/Yang, Hendra Setiawan buka suara. Ia megungkapkan bagaimana jalannya pertandingan tersebut.

Hendra menuturkan, ia dan Ahsan sempat kehilangan fokus dan pola permainan. Namun, kembali ke jalur yang benar dengan sabar.

"Di gim pertama, kami bermain sudah dengan pola yang benar. Di gim kedua, kami sempat kehilangan fokus dan pola, maunya main kencang terus padahal mereka lebih enak kalau dikencangin terus. Di gim ketiga, kami kembali ke pola kami yang main pelan dan sabar.

Selain itu, Hendra mengaku, ada perbedaan pasangan Taiwan (ganda otot super dunia ) ini dengan Lee Yang/Wang Chi-Lin.

"Mereka (Lu Ching Yao/Yang Po Han) tenaganya kuat. Bedanya dengan Lee Yang/Wang Chi-Lin, sekarang Lee/Wang lebih safe mainnya," ungkap Hendra.

Seperti diketahui, Lu/Yang dijuluki ganda otot super karena mencetak sejarah menjadi ganda putra yang terbanyak mengikuti turnamen selama setahun sebelum pandemi COVID-19. 

Berdasarkan catatan BWF, Lu/Yang sudah turun tanding di 26 turnamen dan 3 kejuaraan dunia sejak Januari hingga November 2019. Mereka tercatat bertanding nyaris di semua level turnamen BWF, mulai dari Super 100, Super 300, Super 500, Super 750 dan Super 1000.

Lu/Yang pertama turun tanding di Thailand Masters, Malaysia Masters, Indonesia Masters, Spain Masters, German Open, All England Open, Swiss Open, Malaysia Open, Singapore Open, Australian Open, Canada Open, US Open, Indonesia Open, Japan Open.

Ganda putra Taiwan, Lu Ching Yao/Yang Po Han

Photo :
  • Instagram: Lu Ching Yao

Selain itu, juga di Thailand Open, Chinese Taipei Open, Vietnam Open, China Open, Korea Open, Dutch Open, Denmark Open, French Open, Macau Open, Fuzhou China Open, Hong Kong Open dan terakhir di Korea Masters.

Lalu berlaga juga di Tong Yun Kai Cup, Badminton Asia Championships dan BWF World Championships 2019.

Dari hasil perjalanan turnamen yang panjang dan beruntun itu, mereka akhirnya bisa finish di peringkat 8 ranking tur BWF dan mereka lolos ke BWF World Tour Finals 2019. Mereka menempati ranking 8 dengan perolehan poin total 86.130 kala itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya