Deretan Korban Ratu Bulutangkis Terkaya Sejagat Sebelum Gagal ke Final

Pebulutangkis India, Pusarla Venkata Sindhu
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Ratchanok Intanon berhasil melangkahkan kakinya ke final BWF World Tour Super 1000 Indonesia Open 2021. Jagoan Thailand itu menumbangkan ratu bulutangkis terkaya sejagat asal India, Pusarla Venkata Sindhu, lewat duel rubber game 15-22, 21-9, dan 21-14 selama 54 menit. 

Benarkah Biaya Sewa Mahal, PBSI Bongkar Alasan Indonesia Open 2024 Batal Digelar di Indonesia Arena

Bertarung di Bali International Convention Center and Westin Resort, Sabtu 27 November 2021, Intanon sejatinya tak langsung tampil mengesankan di gim pertama. Dia tertinggal 3-8 sebelum bisa menipiskan skor jadi 9-11 di interval gim pertama. 

Usai jeda, Sindhu kembali mendominasi duel. Dia sempat dua kali mencatatkan tiga angka beruntun sehingga memimpin 18-13. Tanpa kesalahan, wakil India itu merebut gim pertama 21-15.

Alasan Indonesia Open 2024 Tetap Digelar di Istora Senayan

Performa apik di gim pertama ternyata gagal direplika Sindhu di gim berikutnya. Penampilannya anjlok dan dengan cepat tertinggal 2-5. 

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Intanon untuk bangkit. Dia terus menekan Sindhu dan tak memberikan ruang untuk mengembangkan permainan. 

Tim DKI A Sabet Medali Emas Indonesia Open Aquatic Championship 2023 Cabang Olahraga Polo Air

Dengan cepat Intanon memimpin 12-7 sebelum menorehkan enam angka beruntun dan menjauhkan skor jadi 18-8. Dia menyudahi gim kedua ini dengan keunggulan telak 21-9.

Sindhu coba bangkit di gim pamungkas. Namun, Intanon berhasil membaca permainan Sindhu dan tak terkecoh strateginya. 

Intanon menekan Sindhu sejak awal dan unggul 8-4. Wakil Thailand yang tengah on fire membuat lawannya frustrasi dan beberapa kali mendapatkan poin dari kesalahan Sindhu.

Puncaknya, Intanon sukses mengunci kemenangan dari duel menegangkan ini dengan skor 21-14. Dia pun dipastikan melaju ke partai puncak dan bakal menghadapi tunggal putri Korea Selatan, An Se Young.

Jepang Hingga Korea Selatan Hancur di Tangan Sindhu

Sebelum tersingkir dari Indonesia Open 2021, Sindhu tampil memukau dan menghabisi sederet wakil negara lain.

Babak 32 besar, tunggal putri Jepang Aya Ohori tumbang. Sindhu menang lewat rubbergame.

Babak 16 besar, Sindhu membungkam wakil Jerman Yvonne Li. Ia menang dua gim langsung.

Perempatfinal, giliran wakil Korea Selatan terjungkal di tangan Sindhu. Ia menang lewat rubbergame.

Tentang Pusarla Venkata Sindhu   

Untuk diketahui, Sindhu meraih gelar Juara Dunia 2019. Ia juga dinobatkan oleh majalah Forbes sebagai atlet bulutangkis wanita terkaya.  

Sepanjang 2019, Sindhu sudah mengantongi uang sebesar US$5,5 juta atau setara Rp78,1 miliar. Penghasilan Sindhu cukup mencengangkan. 

Dari keringatnya di atas lapangan, Sindhu sebenarnya cuma mengantongi US$500 ribu atau senilai Rp7,1 miliar. Lonjakan penghasilan Sindhu paling besar adalah ketika mencapai final pertamanya di 2019 dalam ajang Indonesia Open.

Pemasukan terbesar Sindhu, justru berasal dari sponsor. Tercatat, Sindhu mengantongi uang dari sponsor hingga US$5 juta atau setara Rp71 miliar. 
Dengan uang tersebut, Sindhu menempati posisi 13 atlet wanita terkaya versi Forbes. Penghasilannya setara dengan petenis America, Madison Keys.

“Sindhu masih menjadi atlet paling laris di India. Bintang bulutangkis India ini mendapatkan sponsor dari Bridgestone, JBL, Gatorade, Panasonic, dan lainnya. Dia menjadi wanita pertama yang memenangkan tur dunia BWF di 2018," begitu pernyataan Forbes dilansir Badminton Planet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya