Tragis, Kento Momota Bukan Raja Bulutangkis Dunia Lagi

Raja bulytangkis dunia, Kento Momota
Sumber :
  • Badminton Photo

VIVA – Status raja bulutangkis dunia bukan lagi milik Kento Momota. Pebulutangkis asal Jepang itu telah lengser dari peringkat pertama BWF.

2023 dan Catatan Terburuk Bulutangkis Indonesia

Kini, raja bulutangkis dunia yang terbaru adalah Viktor Axelsen. Berdasarkan rilis ranking BWF terbaru per 30 November 2021, Axelsen kini menghuni peringkat teratas dunia dengan keunggulan 1.769 poin dari Momota.

Axelsen tercatat mengoleksi 113979 poin, sedangkan Momota ada di posisi kedua dengan koleksi 112210 poin. Hasil itu tak lepas dari performa menawan Axelsen di Indonesia Open 2021.

Apriyani/Fadia Permalukan Ganda Putri China di Ranking Dunia

Pebulutangkis Denmark itu berhasil menjadi juara usai menumbangkan tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew. Sedangkan Momota pada turnamen tersebut hanya sampai di babak 16 besar.

Berakhir sudah dominasi Momota di nomor tunggal putra. Setelah tiga tahun berada di rangking pertama, kini dia harus merelakan tempatnya. Momota pertama kali berada di rangking satu dunia pada September 2018 silam.

Fajar/Rian Dipecundangi Ganda Korsel di Ranking Dunia

Axelsen Mengerikan, Momota Mengenaskan

Bukan cuma berjaya di Indonesia Open 2021, Axelsen memang tampil ganas sepanjang tahun 2021 ini. Axelsen sanggup meraih enam trofi bergengsi, seperti Thailand Open 2021 (2), Swiss Open 2021, Olimpiade Tokyo 2020, Denmark Open 2021, dan Indonesia Open 2021. 

Adapun Momota hanya menjuarai satu turnamen selama 2021, yakni Indonesia Masters yang berlangsung beberapa pekan lalu.

Nasib buruk pun harus dialami Momota. Dia baru saja memutuskan mundur dari BWF World Tour Finals 2021.

Melakoni partai perdana grup A, Momota berhadapan dengan wakil India Lakshya Sen di Nusa Dua Bali, Rabu 1 Desember 2021. . Baru memulai laga dan kedudukan 1-1, Momota memilih mundur.

Ia tak bisa melanjutkan pertandingan karena cedera. Ini tentu keuntungan bagi lawan Momota di grup A. Selanjutnya, Momota dipastikan tidak akan bisa melanjutkan perjuangan di BWF World Tour Finals karena telah mundur pada hari ini. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya