Fakta Mengerikan Viktor Axelsen Usai Jadi Raja Bulutangkis Dunia

Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen
Sumber :
  • GoBadminton

VIVA – Selesai sudah penantian Viktor Axelsen untuk menjadi raja bulutangkis dunia. Per 30 November 2021, Axelsen resmi menempati rangking satu BWF sektor tunggal putra.

2023 dan Catatan Terburuk Bulutangkis Indonesia

Pebulutangkis asal Denmark itu menggusur tunggal putra Jepang, Kento Momota. Berdasarkan rilis ranking BWF terbaru, Axelsen kini menghuni peringkat teratas dunia dengan keunggulan 1.769 poin dari Momota.

Axelsen tercatat mengoleksi 113979 poin, sedangkan Momota ada di posisi kedua dengan koleksi 112210 poin. Hasil itu tak lepas dari performa menawan Axelsen di Indonesia Open 2021.

Apriyani/Fadia Permalukan Ganda Putri China di Ranking Dunia

Dengan begitu, habis sudah dominasi Momota selama 3 tahun ini. Pebulutangkis 26 tahun tersebut sebelumnya sudah sejak September 2018 lalu bertengger di rangking satu BWF. 

Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen

Photo :
  • Humas PP PBSI
Fajar/Rian Dipecundangi Ganda Korsel di Ranking Dunia

Keberhasilan Axelsen mengangkangi Momota di rangking BWF tak lepas dari performa mengerikannya dalam sejumlah turnamen.

Terbaru, Axelsen menjadi juara di Indonesia Open 2021. Dia ?menumbangkan tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew. Sedangkan Momota pada turnamen tersebut hanya sampai di babak 16 besar.

Bukan cuma berjaya di Indonesia Open 2021, Axelsen memang tampil mengerikan sepanjang tahun 2021 ini. Axelsen mampu meraih enam trofi bergengsi, seperti Thailand Open 2021 (2), Swiss Open 2021, Olimpiade Tokyo 2020, Denmark Open 2021, dan Indonesia Open 2021. 

Sedangkan Momota mengenaskan. Dia hanya menjuarai satu turnamen selama 2021, yakni Indonesia Masters yang berlangsung beberapa pekan lalu.

Momota Mengenaskan, Axelsen ke Semifinal

Axelsen berpotensi unggul lebih jauh atas Momota lantaran saingannya itu mengalami nasib buruk di BWF World Tour Finals 2021. Momota memutuskan mundur karena mengalami cedera. 

Melakoni partai perdana grup A, Momota berhadapan dengan wakil India Lakshya Sen di Nusa Dua Bali, Rabu 1 Desember 2021. . Baru memulai laga dan kedudukan 1-1, Momota memilih mundur.

Kento Momota di BWF World Tour Finals 2021

Photo :
  • PBSI

Ia tak bisa melanjutkan pertandingan karena cedera. Selanjutnya, Momota dipastikan tidak akan bisa melanjutkan perjuangan di BWF World Tour Finals.

Nasib tragis Momota menjadi keuntungan untuk Axelsen. Sebab dia dipastikan melenggang ke babak semifinal bersama  Lakshya Sen (India), lantaran Rasmus Gemke (Denmark) juga mundur. Nama-nama di atas tergabung di Grup A BWF World Tour Finals 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya