Fakta Mengenaskan Eks Raja Bulutangkis Dunia Usai Jadi Korban di Bali

Tunggal Putra Jepang, Kento Momota di Indonesia Open 2021
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Mantan raja bulutangkis dunia, Kento Momota memutuskan mundur dari BWF World Tour Finals 2021. Keputusan pahit itu diambil setelah pemain tunggal putra Jepang ini mengalami cedera punggung.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Sejatinya, pemilik rangking 2 dunia itu tengah menghadapi wakil India, Lakshya Sen di partai perdana Grup A turnamen yang hanya diperuntukan bagi delapan pemain tunggal atau pasangan terbaik.

 Laga ini berlangsung di Bali International Convention Center & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Rabu 1 Desember. Namun, pemain asal Negeri Sakura itu mengaku cedera punggungnya kembali kambuh. 

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Sedari pagi, punggungnya sudah merasa sakit. Bahkan pada saat memulai pertandingan, dirinya tidak bisa melenting untuk melakukan pukulan. Dia pun memilih mundur saat kedudukan 1-1.

"Sejak pagi, saya merasakan sakit di bagian punggung. Pada pertandingan ini saya sampai tidak bisa melenting untuk melihat shuttlecock," ungkap Momota usai pertandingan dikutip dari PBSI. 

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Momota mengaku sedih tidak bisa melanjutkan pertandingan di ajang berhadiah total 1,5 juta dolar AS. Dirinya pun meminta maaf kepada para penggemar. 

"Saya sangat sedih hari ini, tidak bisa memberikan yang terbaik untuk para penggemar di turnamen ini," ungkap Momota.

4 Pebulutangkis Dunia Jadi Korban di Bali

Dua hari BWF World Tour Finals 2021 digelar, tercatat sudah ada empat wakil pebulutangkis dunia yang mundur karena cedera. Hari pertama Rabu 1 Desember, Momota dan Rasmus Gemke mundur. Kemudian hari kedua, Kamis 2 Desember giliran Yeo Jia Min (Singapura) dan Raksasa Sungai Gangga Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Cedera yang dialami pebulutangkis tak lepas dari jadwal turnamen BWF tahun ini bisa dibilang terlalu padat. Usai Olimpiade Tokyo 2020, para pebulutangkis harus berjuang di Piala Sudirman 2021 dan Piala Thomas-Uber 2020 (September-Oktober).

Setelah itu, berlanjut ke tur Eropa di November. Sebut saja Denmark Open, French Open juga Hylo Open 2021. Kini dilangsungkan Indonesia Badminton Festival di Bali. 

Usai BWF World Tour Finals ini, para pebulutangkis sudah di sambut dengan kejuaraan dunia di Huelva Spanyol 12-19 Desember.

Tergusur dari Rangking Dunia

Status raja bulutangkis dunia memang bukan lagi milik Momota. Ia telah lengser dari peringkat pertama BWF. 

Kini, raja bulutangkis dunia yang terbaru adalah Viktor Axelsen. Berdasarkan rilis ranking dunia BWF per 30 November 2021, Axelsen menghuni peringkat teratas dunia dengan keunggulan 1.769 poin dari Momota. 

Axelsen tercatat mengoleksi 113,979 poin, sedangkan Momota ada di posisi kedua dengan koleksi 112,210 poin. Hasil itu tak lepas dari performa menawan Axelsen di Indonesia Open 2021.

Pebulutangkis Denmark itu berhasil menjadi juara usai menumbangkan tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew. Sedangkan Momota pada turnamen tersebut hanya sampai di babak 16 besar.

Berakhir sudah dominasi Momota di nomor tunggal putra. Setelah tiga tahun berada di rangking pertama, kini dia harus merelakan tempatnya. Momota pertama kali berada di rangking satu dunia pada September 2018 silam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya