Gibran Kalahkan Eks Juara Dunia Bulutangkis, Ini Rahasianya

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menghadapi Sigit Budiarto.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengikuti pertandingan eksibisi bulutangkis dalam rangka Kejuaraan Kota (Kejurkot) Bulutangkis Piala Wali Kota Solo 2022 di GOR FKOR UNS Manahan Solo, Rabu, 26 Januari 2022. Tak tanggung-tanggung lawan yang dihadapi Gibran pun mantan juara dunia bulutangkis ganda putra, Sigit Budiarto.

10 Hari Isoman, Gibran Masih Dinyatakan Positif COVID-19

Putra sulung Presiden Jokowi itu dalam pertandingan eksibisi itu tidak bermain tunggal tetapi bermain ganda. Gibran berpasangan dengan mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang kini juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Kota PBSI Solo.

Sedangkan lawannya adalah mantan pemain ganda putra juara dunia pada tahun 1997, Sigit Budiarto. Dia berpasangan dengan Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (Pengprov PBSI) Jawa Tengah, Basri Yusuf.

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Gibran yang awalnya memakai jersey Persis Solo langsung berganti kaos Djarum Badminton. Pasangan Gibran dan Rudy (panggilan akran mantan Wali Kota Solo) mengawali permainan pada gim pertama dengan bagus. Gibran yang awalnya sempat grogi mulai mampu menguasai keadaan.

Ia kerap memainkan netting kepada pasangan lawan Sigit/Basri. Bahkan, beberapa kali sang mantan juara dunia yang saat itu berpasangan dengan Candra Wijaya tak bisa mengembalikan penempatan shuttlecock yang dilakukan Gibran di depan net.

Tragis, Penghancur Raja Bulutangkis Gagal Juara German Open 2022

Hanya saja dalam permainan, pasangan Sigit/Basri terlihat lebih matang dalam pengembalian pukulan dropshoot maupun smash yang dilakukan Gibran/Rudy. Saat melakono pertandingan itu, Sigit juga terlihat nyantai dan tidak ngoyo. Sedangkan lawannya tampak sekuat tenaga untuk meraih poin. Akhirnya gim pertama itu dimenangkan pasangan Gibran/Rudy dengan torehan poin 15-12.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menghadapi Sigit Budiarto.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Sedangkan pada gim kedua, pasangan ganda itu bertukar pasangan. Kini Gibran berpasangan dengan mantan juara ganda putra bulu tangkis dunia dan All England, Sigit Budiarto. Kedua pemain itu pun awalnya tampak canggung saat dipasangkan. Namun setelah permainan bergulir, mereka pun kompak.

Pada gim kedua ini, Gibran terlihat leluasa melakukan pukulan netting maupun lob. Hanya saja dalam beberapa percobaan melakukan netting gagal. Sementara itu, Sigit tampak siaga di belakang Gibran untuk mengantisipasi pukulan sang wali kota yang meleset. Pada gim kedua itu, pasangan Gibran/Sigit sukses menang dengan poin 15-8.

Gibran pun mengaku senang bisa mengalahkan mantan juaara dunia pada gim pertama saat berpasangan dengan mantan Wali Kota Solo, Rudy. Dalam pertandingan itu putra sulung Presiden Jokowi itu pun terkuras tenaganya.

“Aku menang nho tapi ya tetap (ngos-ngosan),” kata dia usai melakoni pertandingan eksibisi bulutangkis pada Kejurkot Wali Kota Solo 2022 di GOR FKOR UNS, Rabu, 26 Januari 2022.

Ketika ditanya mengenai persiapannya melawan pemain bulu tangkis mantan juara dunia, ia mengaku tak ada persiapan khusus dan hanya melakukan pemanasan seperti biasanya. Hanya saja, menghadapi pertandingan eksibisi ini sampai tidak bisa tidur.

“Aku ora turu lho (saya tidak tidur),” kata dia dengan nada canda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya