8 Ganda Putri Indonesia Ditarik Mundur dari Orleans Masters 2022

Ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto
Ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto
Sumber :
  • badmintonindonesia.org

VIVA – Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menarik sebanyak delapan ganda putri Pelatnas Cipayung dari turnamen Orleans Masters 2022 yang bergulir mulai 29 Maret-3 April 2022 di Prancis dengan alasan kesiapan fisik hingga faktor keamanan.

Kedelapan pasangan itu ialah Siti Fadia Silva Ramadhanti/Apriyani Rahayu, Nita Violina Marwah/Putri Syaikah, Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, Melani Mamahit/Tryola Nadia, Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro, Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari, dan Kelly Larissa/Savira Nurul Husnia.

"Untuk Apriyani, Ribka, dan Putri Syaikah masih dalam proses penyembuhan cedera. Jadi saya memutuskan untuk menarik keikutsertaan mereka di Orleans," kata kepala pelatih ganda putri PP PBSI Eng Hian dalam keterangan tertulis.

Faktor lainnya ialah keamanan, yang berkaitan dengan program turnamen dari Eng Hian yang mengharuskan anak didiknya mengikuti kompetisi lanjutan di kawasan Eropa.

"Sebenarnya dalam program turnamen saya ada turnamen lanjutan yaitu Polish International Challenge. Karena situasi tidak aman maka PBSI tidak jadi mengikuti turnamen itu. Menurut saya tidak sepadan kalau hanya satu turnamen ke Eropa dengan melihat waktu perjalanan dan evaluasi target performa," Eng Hian menyebutkan.

Kepala Pelatih Ganda Putri PP PBSI, Eng Hian

Kepala Pelatih Ganda Putri PP PBSI, Eng Hian

Photo :
  • VIVA / Donny Adhiyasa

Ia menjelaskan bahwa pemain muda peringkatnya masih di atas "top 100", jadi perlu turnamen yang sifatnya lanjutan. Oleh karenanya PBSI sudah membuat program turnamen untuk mereka di bulan Juni nanti.