Piala Thomas: Ginting Bongkar Rahasia Kemenangan Atas Momota

Anthony Sinisuka Ginting
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Anthony Sinisuka Ginting sukses menundukkan pebulutangkis peringkat dua dunia, Kento Momota berkat strategi bermain sabar pada partai pembuka babak semifinal Piala Thomas 2022 yang berlangsung di Impact Arena Bangkok, Thailand, Jumat 13 Mei 2022.

Rekam Jejak Indonesia di Piala Thomas dan Uber

Meski harus memainkan laga rubber game, namun Ginting membukukan skor 21-13, 14-21, 21-12 setelah berjuang selama 82 menit, sekaligus membawa Indonesia unggul 1-0 atas tim Jepang.

"Pertama saya mengucapkan syukur bisa main lebih baik dan memberikan kemenangan untuk Indonesia. Dari gim pertama saya memang menekan dan main dalam strategi menyerang, tapi tetap harus sabar kalau menghadapi Momota. Jadi tidak perlu buru-buru ambil poin," kata Ginting setelah pertandingan.

Mengulik Sejarah Rudy Hartono, Sang Raja Tunggal Putra All England

Pada game pertama, Ginting berusaha menekan lewat permainan zona depan yang diwarnai dengan adu netting. Momota yang terkenal ulet dan punya pertahanan yang baik, beberapa kali harus menelan pil pahit saat wakil Indonesia melakukan pukulan tipuan.

Ginting tahu betul bahwa teknik tipuannya sulit untuk dihalau oleh Momota sehingga ia lebih nyaman tanpa harus memberikan smash keras yang justru bisa dihalau oleh lawannya dengan mudah.

Rekor Baru Indonesia Usai Juara Umum All England 2024

"Tadi di gim pertama saya coba menyerang, lebih banyak yang tembusnya. Dari situ saya makin percaya diri untuk terus menekan. Sayang di game kedua saya menang angin, dia lebih enak mainnya," Ginting menceritakan.

Setelah berganti sisi lapangan, permainan pebulutangkis peringkat lima memang tidak begitu baik. Pukulan yang dilakukan lebih mudah diprediksi oleh Momota. Ginting yang semula unggul, berbalik tertinggal di game ini.

"Soalnya di sisi (lapangan) Momota lebih enak, saya juga kurang sabar. Sudah tahu posisi saya tidak enak malah mau menyerang, akhirnya dia yang balas terus," tuturnya.

Pada gim penentu, Ginting berupaya tampil lebih maksimal dengan berusaha mendulang poin sebanyak mungkin karena berada pada sisi lapangan yang kalah angin. Paruh awal gim ketiga ia manfaatkan dengan baik dan mampu memimpin 13-2.

Pada paruh akhir, Momota masih berusaha mengejar ketertinggalan. Namun Ginting tetap menggenjot performanya meski susah payah.

"Pada game ketiga sebisa mungkin dapat poin sebanyaknya di paruh awal, dan lebih yakin untuk pakai strategi yang tepat saat menang angin. Selain itu saya lebih sering pukul ke arah kanan dia karena kan kidal ya, makanya dia lebih susah untuk mengembalikan," paparnya. (ant)

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya