Indonesia Masters 2022 Siap Digelar di Jakarta, Bisa Dihadiri Penonton

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie
Sumber :
  • Claus Fisker/Ritzau Scanpix via AP

VIVA – Setelah absen menggelar turnamen bulutangkis lebih dari dua tahun, Indonesia bersiap mengobati kerinduan itu dengan menjadi tuan rumah salah satu turnamen bulutangkis yang masuk rangkaian BWF World Tour, yakni Indonesia Masters 2022.

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

Turnamen yang berlevel Super 500 ini bakal berbeda dengan sebelumnya lantaran bakal menghadirkan penonton. Ya, rencananya suporter bakal diizinkan untuk menyaksikan langsung perhelatan yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 7-12 Juni 2022. 

"Berkat kondisi pandemi yang makin membaik, para penggemar bulutangkis juga bisa hadir kembali ke arena pertandingan bulutangkis bergengsi. Kondisi ini tentu ditunggu-tunggu para penggemar," ujar Astra Daihatsu Motor Marketing Director, Sri Agung Handayani, dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat 20 Mei 2022.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Menurut Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta, ajang Indonesia Masters 2022 sangat dinanti-nantikan para pecinta bulutangkis di Tanah Air. Harapannya, kejuaraan bergengsi ini bisa sebagai pengobat kerinduan akan tontonan bulutangkis bermutu level dunia. 

"Kerinduan para pecinta bulutangkis akan tontonan kelas dunia bakal terobati dengan gelaran Indonesia Masters 2022. Setelah terdampak pandemi Covid-19, kejuaraan yang ditunggu-tunggu penggemar bulutangkis ini bisa diselenggarakan kembali," kata Alex Tirta. 

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Dituturkan Alex Tirta, kejuaraan ini bakal diikuti 273 pemain dari 28 negara. Indonesia sendiri menurunkan 53 pemain. Para pebulutangkis top dunia, sudah menyatakan hadir dan siap meramaikan persaingan. Pemain yang sukses meraih emas Olimpiade Tokyo 2020, juga datang dan menjadi magnet tersendiri. 

Beberapa di antaranya seperti Viktor Axelsen (Denmark), Chen Yu Fei, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China), dan Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan), An Se Young (Korea Selatan), Pusarla V. Sindhu (India), dan Ratchanok Intanon (Thailand).

Belum lagi para jagoan tuan rumah seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Juga Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang baru saja menjuarai All England 2022. Jangan lupa, setelah pulih dari operasi kaki, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo juga siap tampil beraksi kembali. 

"Melihat nama-nama pemain yang hadir, kualitas turnamen ini bisa disebut layaknya Perang Bintang. Semua pebulutangkis top dunia datang dan meramaikan persaingan. Sejak babak awal akan tersaji laga-laga yang menarik dan seru dari para pemain kelas dunia," tambah Alex. 

Sebagai salah satu andalan tuan rumah, Jonatan Christie, menyebut siap tampil maksimal dan berjuang keras. Apalagi, kini tingkat persaingan di sektor tunggal putra juga makin sengit. Di sana ada Viktor Axelsen (Denmark), Chou Tien Chen (Taiwan), Lee Zii Jia (Malaysia), hingga Kunlavut Vitidsarn (Thailand). 

"Semoga saya bisa menampilkan performa semaksimal mungkin, syukur-syukur juara. Saya akan fokus ke satu pertandingan ke pertandingan berikutnya. Saya harus siap menghadapi pertandingan yang ada di depan mata dahulu," tutur Jojo. 

Daihatsu Indonesia Masters 2022 adalah kejuaraan yang untuk kali pertama diselenggarakan dengan kehadiran penonton. Menurut Alex Tirta, mengikuti anjuran pemerintah, maksimal baru sekitar 70 persen penonton yang bisa hadir dari kapasitas Istora. 

"Selain itu, seperti perintah Bapak Presiden Jokowi karena berlangsung di dalam ruangan, penonton wajib menggunakan masker. Penonton disyaratkan telah menerima vaksinasi lengkap, termasuk booster. Nantinya akan diskrining lewat aplikasi PeduliLindungi," tutur Alex Tirta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya