Ganda Campuran Juara Indonesia Open 2022 Idolakan Liliyana Natsir

Zheng Siwei/Huang Yaqiong
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ganda campuran China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, berhasil menyabet gelar Indonesia Open 2022. Mereka memastikan gelar tersebut usai mengalahkan wakil Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Benarkah Biaya Sewa Mahal, PBSI Bongkar Alasan Indonesia Open 2024 Batal Digelar di Indonesia Arena

Dalam duel final yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu 19 Juni 2022, Zheng/Huang sukses mengalahkan Watanabe/Higashino dua gim langsung dengan skor 21-14 dan 21-16.

Ganda campuran China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Photo :
  • instagram.com/zhengsiwei.official
Alasan Indonesia Open 2024 Tetap Digelar di Istora Senayan

Usai pertandingan, Zheng/Huang mengakui bahwa kemenangan ini sangat berarti bagi mereka. Apalagi, gelar ini merupakan pembuktian bahwa ganda campuran China masih bersaing.

"Medali hari ini memberikan sebuah pengakuan bahwa kami ada tim yang baik," ujar Huang.

Monster Bulutangkis Dunia Bikin Dejan/Gloria Tak Berdaya di Indonesia Masters 2024

Lebih lanjut, Huang juga membeberkan dua pebulutangkis idolanya yang dijadikan panutan dalam menerapkan permainan di lapangan. Dua pebulutangkis yang diidolakan Huang salah satunya berasal dari Indonesia, yakni Liliyana Natsir.

"Dari Indonesia ada Liliyana Natsir yang saya idolakan. Lalu, dari kampung halaman saya sendiri, ada Zhao Yunlei," ucap Huang.

Berdasarkan keterangan resmi dari BWF, Liliyana dan Yunlei memang bersaing ketat. Di nomor ganda campuran. Zhao bersama Zhang Nan, sedangkan Liliyana bersama Tontowi Ahmad, adalah pasangan yang kerap saling mengalahkan.

Pada All England 2010, Zhao/Zhang mengalahkan Tontowi/Liliyana di final. Berlanjut di Indonesia Open 2011, Tontowi/Liliyana kembali tumbang di tangan Zhao/Zhang. Barulah di All England 2013, giliran Tontowi/Liliyana yang menumbangkan Zhao/Zhang.

Uniknya lagi, Huang adalah pemberi luka bagi Liliyana. Pada final Indonesia Masters 2019, atau partai penutup karier Liliyana, Huang bersama Zheng sukses menang dalam duel tiga gim, 19-21, 21-19, dan 21-19.

Kekalahan ini jadi luka bagi Liliyana dalam partai terakhirnya di dunia bulutangkis. Menariknya lagi, luka itu justru diberikan oleh orang yang sejatinya mengidolakan Liliyana.

Selepas Indonesia Masters dan Open 2022, Zheng/Huang langsung menatap ajang selanjutnya, yakni Malaysia Open dan Masters 2022. Akan tetapi, untuk sementara mereka akan beristirahat dulu dan melakukan evaluasi.

"Minggu ini akan istirahat dulu sebentar, karena pertandingan beruntun selama dua pekan membuat kami sangat capek, mulai terasa. Semoga kami bisa memulihkan diri lebih cepat untuk pertandingan pekan depan," ujar pasangan Huang Yaqiong, Zheng Siwei.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya