Kembali Jadi Momok Wakil Malaysia, Fajar/Rian Ungkap Kunci Kemenangan

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Malaysia Open 2022
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, sukses menjaga rekor positifnya atas wakil Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, usai bertemu di babak pertama BWF World Tour Super 500 Malaysia Masters 2022.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Kali ini, Fajar/Rian menang dua gim langsung dengan skor 21-14 dan 22-20 dalam duel di Axiata Arena, Selasa 5 Juli 2022. Sebelumnya, kedua pasangan bertemu di semifinal BWF World Tour 750 Malaysia Open 2022 yang juga dimenangkan oleh wakil Indonesia tersebut dengan skor 21-14 dan 21-12.

Fajar/Rian mengatakan bahwa Goh/Nur bermain lebih baik hari ini dibanding pertemuan sebelumnya, terutama di gim kedua. Pun, mereka banyak melakukan kesalahan sendiri di laga ini. Namun, ketenangan jadi kunci kemenangan mereka di laga ini.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

"Syukur alhamdulillah bisa menjalani pertandingan dengan lancar dan diberikan kemenangan. Di gim kedua Goh/Nur bermain lebih berani, terutama di bola-bola depan, sementara kami banyak melakukan kesalahan sendiri dan kurang antisipasi. Di gim pertama start kami cukup bagus, sempat kaget juga karena di Malaysia Open biasanya lapangan kami menang angin tapi hari ini jadi kalah angin. Hanya jadinya enak buat kami," ujar Rian dalam keterangan resmi PBSI yang diterima VIVA.

"Di gim kedua itu kami bermain lebih tenang di poin-poin kritis, terutama saat tertinggal 19-20. Lebih rileks dan akhirnya bisa membalikkan keadaan," sambung Fajar.

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Gim kedua memang berjalan ketat. Goh/Nur yang tampil lebih menekan membuat Fajar/Rian agak keteteran, bahkan mereka sempat tertinggal 19-20. Tapi ketenangan dan keberuntungan memang berpihak pada juara Indonesia Masters 2022 itu.

Usai memaksa adu setting, dua kali servis Rian tidak mampu dikembalikan Goh/Nur. Kemenangan pun diraih.

"Saya tidak mengubah cara servis, tapi mungkin mereka terburu-buru ingin mematikan. Jadinya tidak terkontrol," kata Rian.

Baru bertanding di final Malaysia Open 2022 pada Minggu (3/7) lalu, membuat Fajar/Rian belum sepenuhnya bugar. Mereka mengaku akan memanfaatkan waktu libur sehari pada Rabu esok (6/7) untuk mengembalikan kondisi.

"Kondisi badan tidak bisa dipungkiri, masih capek ya karena baru main hari Minggu. Besok ada istirahat satu hari, kami akan full recovery. Semoga di babak 16 besar bisa lebih baik dari kondisi sekarang," ujar Fajar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya