8 Atlet Bulutangkis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Indonesia Open 2021
Sumber :
  • Instagram: badminton.ina

VIVA Sport – Indonesia dikenal sebagai negara yang konsisten menghasilkan atlet badminton atau bulutangkis terbaik sepanjang masa, terbukti dengan daftar nama-nama pemain bulutangkis hebat dunia yang dirilis BWF tidak jarang diisi oleh para pemain asal tanah air.

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

Lantas siapa saja mereka? Pada artikel kali ini VIVA telah merangkum nama-nama pemain bulu tangkis terhebat asal tanah air yang namanya telah diakui dunia. Mereka berhasil mendapatkan gelar di turnamen bergengsi hingga medali emas di olimpiade.

Lebih lengkapnya, berikut 8 nama pemain bulutangkis Indonesia terbaik sepanjang masa:

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

1. Rudy Hartono

Maestro bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono.

Photo :
  • BWF
Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Namanya juga dikenal sebagai salah satu pemain legenda yang berhasil menembus rekor dunia, sebai pemain Rudy juga kerap dijuluki ‘Wonder Boy’.

Bahkan Rudy juga pernah tercatat dalam Guinness Book of World Records atas capaiannya membawa pulang delapan juara All England dan empat gelar Thomas Cup.

2. Liem Swie King

Liem Swie King

Photo :

Legenda bulutangkis tunggal Indonesia ini dijuluki sebagai ‘Raja Smash’, dia bermain di akhir tahun 1970an sampai pertengahan 1980 an.

King banyak mencatatkan prestasi bagi Indonesia diantaranya tiga gelar All England, medali emas Asian Games dan Thomas Cup.

3. Taufik Hidayat

Legenda bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat

Photo :
  • Instagram Taufik Hidayat

Jika membahas bulutangkis nama Taufik Hidayat memang tidak pernah ketinggalan masuk dalam daftar sebagai pemain bulu tangkis terbaik asal tanah air.

Selama karirnya ia sudah banyak mencatatkan prestasi membanggakan. Diantaranya medali emas olimpiade Athena 2004 dan juara dunia di tahun 2005 silam.

4. Maria Kristin

Maria Kristin

Photo :
  • VIVAnews/Marco Tampubolon

Dari tunggal putri Maria Kristin salah satu pemain terbaik yang dimiliki Indonesia. Selama karirnya atlet yang dijuluki ‘Queen of Rubber Game’ ini berhasil meraih sejumlah gelar jawara dan prestasi BWF.

Wanita yang memiliki daya pikat ini harus rela pensiun dini setelah mengalami cedera lutut kanan, namun statusnya sebagai salah satu pemain bulu tangkis terbaik Indonesia tetap berlaku.

5. Susy Susanti

Susy Susanti & Alan Budikusuma saat meraih emas Olimpiade 1992 Barcelona

Susy Susanti & Alan Budikusuma saat meraih emas Olimpiade 1992 Barcelona

Photo :
  • google

Wanita ini juga kerap dijuluki sebagai pemain putri terbaik Indonesia, puncaknya ketika Susy bersama Alan Budikusuma yang kini menjadi suaminya sukses mengawinkan medali emas tunggal putri dan tunggal putra di ajang bergengsi Olimpiade Barcelona 1992.

Sejumlah gelar bergengsi seperti juara dunia juga pernah diraih Susy dan 4 gelar All England 1990, 1991, 1993 dan 1994.

6. Hendra Setiawan

Kapten Tim Indonesia untuk Piala Thomas 2020, Hendra Setiawan

Photo :
  • Instagram: Hendra Setiawan

Hendra Setiawan pernah menjadi salah satu atlet ganda putra andalan Indonesia. Hendra tercatat meraih empat gelar di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis, yakni pada tahun 2007, 2013, 2015, dan 2019.

Pencapaian ini juga membuat Hendra Setiawan tercatat sebagai ganda putra dengan gelar terbanyak di Kejuaraan Dunia bersama dua pebulu tangkis spesialis ganda putra asal China, Cai Yun dan Fu Haifeng.

7. Liliyana Natsir

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir ke Semifinal Indonesia Masters 2019

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Wanita yang kerap disapa ‘Butet’ ini merupakan kesayangan pecinta bulu tangkis Indonesia hingga kini. Dua medali olimpiade sudah Butet raih bersama dua pasangan berbeda, medali olimpiade pertamanya diraih pada 2008 di Olimpiade Beijing bersama Nova Widianto.

Minggu, 27 Januari 2019 di Istora Senayan Butet resmi pamit dari dunia bulu tangkis. Kala itu tagar #ThankYouButet kala itu menjadi trending di sosial media.

8. Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di BWF World Tour Finals 2021

Photo :
  • Instagram: badminton.ina

Memiliki kecepatan tangan ketika bermain di lapangan, sosok Kevin kerap dijuluki ‘Si Tangan Petir’ oleh para penggemarnya. Sosoknya merupakan atlet bulu tangkis terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.

Atlet asuhan PB Djarum mini sukses meraih sejumla gelar bersama Marcus. Mereka dijuluki sebagai ‘The Minion’ sukses membawa pulang banyak gelar prestisius.

Mereka juga pasangan ganda putra terbaik dunia dengan bertengger di peringkat satu versi BWF selama 149 pekan. Catatan ini menjadi rekor lantaran belum ada satupun ganda putra lain yang dapat bertahan selama The Minions.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya