Upaya Regenerasi Atlet, PBSI Resmi Gelar Piala Presiden 2022

Konferensi pers PP PBSI gelar Piala Presiden 2022
Sumber :
  • PBSI

VIVA Sport – Tak hanya di sepakbola, Piala Presiden kini juga digelar di cabang olahraga bulutangkis. PP PBSI sendiri yang menjadi penyelenggara turnamen bertajuk Piala Presiden 2022 tersebut.

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

Ini menjadi sejarah tersendiri bagi organisasi yang kini dipimpin Agung Firman Sampurna itu. Sebab, ini pertama kalinya Piala Presiden digelar di olahraga bulutangkis.

Nantinya, kejuaraan ini bakal berlangsung di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur, 1-6 Agustus 2022. Ajang ini memperebutkan total hadiah lebih dari Rp1 miliar.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Disampaikan oleh Agung, ajang yang baru pertama kali diselenggarakan ini bertujuan untuk menjaring bibit-bibit terbaik masa depan bulutangkis Indonesia. Langkah ini sebagai estafet regenerasi untuk menjaga prestasi dan supremasi bulutangkis Indonesia di pentas dunia. Selain itu, ajang ini sekaligus untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia.

"Ini merupakan sebuah sejarah baru di Indonesia, di mana digelar sebuah kejuaraan bulutangkis dengan memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia. Upaya PP PBSI yang memperjuangkan adanya kejuaraan Piala Presiden, akhirnya bisa terwujud," tutur Agung dalam konferensi pers di Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, Senin 25 Juli 2022.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Ditambahkannya, proses menggelar Piala Presiden ini cukup kompleks. "Namun, berkat dibantu Bapak Maruarar Sirait sebagai Ketua Steering Committee, sehingga semuanya bisa berjalan lancar," ujar Agung.

Dalam konferensi pers ini, selain Agung, hadir pula, Direktur PT Adaro Energy Indonesia, Tbk. Julius Aslan, Lok Budianto dari PWC dan Hariyanto Arbi dari Flypower serta tiga pebulutangkis andalan Merah Putih Anthony Ginting, Apriyani Rahayu, dan Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Dalam kejuaraan ini, para pemain akan berlaga dengan membela provinsinya masing masing. Daerah dengan jumlah raihan medali emas terbanyak, akan berhak atas trofi bergilir Piala Presiden.

Menurut Wakil Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden, Edi Sukarno, berdasarkan pendaftaran yang sudah ditutup tanggal 19 Juli lalu, total jumlah peserta adalah 620 atlet yang berasal dari 30 provinsi seluruh Indonesia. Provinsi yang tidak mengirimkan atletnya adalah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Turnamen Piala Presiden 2022 ini akan mempertandingkan 11 nomor. Yaitu, tunggal putra-putri kelompok umur anak-anak (U-13), tunggal dan ganda putra-putri kelompok pemula (U-15), serta tunggal dan ganda putra-putri, dan ganda campuran kelompok remaja (U-17).

"GOR Nanggala akan kami sulap menjadi arena pertandingan bulutangkis dengan total enam lapangan. Kami juga akan membuka tenant-tenant UMKM di pelataran parkir GOR Nanggala sebagai bentuk dukungan ekonomi kerakyatan," ucap Edi.

Terkait protokol kesehatan, Armand mengatakan panitia mewajibkan siapa pun yang hadir sudah mendapatkan vaksin booster atau minimal dosis kedua untuk usia tertentu dan memakai PeduliLindungi. "Sementara bagi masyarakat yang akan menonton langsung bisa datang ke arena secara gratis," kata Edi.

Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk, Julius Aslan, mengungkapkan dukungan Adaro terhadap kejuaraan bulutangkis Piala Presiden ini.

"Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami menjadi bagian dari Kejuaraan Bulutangkis Piala Presiden 2022. Sejalan dengan misi Adaro untuk meningkatkan kontribusi perusahaan bagi Indonesia untuk kemajuan Indonesia, kami sangat mendukung upaya-upaya yang dilakukan demi pengembangan olahraga nasional kita," kata Julius Aslan.

Demi suksesnya kejuaraan, panitia juga telah menggelar sayembara design Piala Presiden yang diikuti peserta dengan 130 karya. Akhimya terpilih karya seniman asal Garut bernama Mohammad Mufti Al Rajab. Pembuatan piala pun dilakukan oleh karya anak bangsa di Bandung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya