Indonesia Para Badminton International 2022 Siap Bergulir di Yogya

Konferensi pers Indonesia Para Badminton International 2022
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Sport – Setelah absen terlaksana selama enam tahun, Indonesia akan kembali menggelar turnamen para bulutangkis tingkat dunia bertajuk Fox's Indonesia Para Badminton International 2022.

Jokowi Hopes Completion of Paralympic Training Center by Year's End

Turnamen yang masuk BWF Para Badminton International Grade 2 Level 3 ini akan diselenggarakan di GOR Among Rogo, Yogyakarta, 23-28 Agustus 2022.

Sejauh ini, sudah terdapat 71 peserta dari 11 negara yang mengonfirmasi yang akan tampil, di antaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, Australia, Sri Lanka, Peru, Polandia, Azerbaijan, Selandia Baru, Jepang, dan India.

Atlet Thailand ASEAN Para Games Bunuh Diri Usai Tembak Istri dan Keluarga di Acara Pernikahannya

Jumlah itu masih bisa bertambah seiring waktu. Mengingat turnamen ini baru dimulai sekitar 12 hari lagi.

Group Brand Head PT Savoria Kreasi Rasa, Vanessa Ingrid Pamela, menuturkan bahwa penyelenggaraan FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 diharapkan menjadi ajang bagi atlet para badminton dalam mengasah kemampuan dan potensi diri demi mendulang prestasi yang kelak mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Raih 12 Emas, Indonesia Sukses Pertahankan Gelar Juara Umum di Para Badminton Internasional 2023

“Melalui kejuaraan Fox's Indonesia Para Badminton International 2022, kami merasa bangga bisa menjadi bagian dalam pengembangan potensi dan prestasi atlet yang merupakan pahlawan sejati di cabang olahraga," ujar Vanessa dalam sesi jumpa pers yang diselenggarakan secara virtual, Kamis 11 Agustus 2022.

"Dalam turnamen ini kami mengusung tema #SparkleYourEnergy dengan harapan para atlet mampu menunjukkan kilau prestasinya. Selain itu, kami ingin semangat juang para atlet menjadi inspirasi dalam menaklukkan segala limitasi dan tantangan serta memberikan motivasi bagi orang lain,” lanjutnya.

Pelaksanaan Indonesia Para Badminton International 2022 juga tak lepas dari dukungan penuh Bakti Olahraga Djarum Foundation. Yoppy Rosimin selaku Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation mengatakan bergulirnya turnamen tersebut merupakan langkah untuk mengangkat citra dan kebanggaan atlet para badminton di tingkat dunia. 

Konferensi pers Indonesia Para Badminton International 2022

Photo :
  • Istimewa

“Para badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak mendulang prestasi di berbagai kejuaraan internasional. Kami juga ingin membuat mereka memiliki kebanggaan sebagai atlet para badminton yang mengharumkan nama bangsa, khususnya melalui turnamen berkualitas seperti Indonesia Para Badminton International 2022,” kata Yoppy.

Sebagai informasi, Indonesia Para Badminton International terakhir kali dihelat pada 2016 lalu di Solo, Jawa Tengah. Maka itu, Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto, tak segan memberikan apresiasi terhadap dukungan seluruh sponsor untuk menghadirkan kembali turnamen para badminton level dunia ke Tanah Air. Pasalnya, tidak banyak perusahaan khususnya di sektor swasta yang turut terlibat dalam penyelenggaraan kejuaraan olahraga disabilitas.

“Harus diakui, tidak banyak perusahaan yang mau mensponsori kejuaraan olahraga disabilitas. Hal Ini yang membuat kejuaraan internasional para badminton sempat terhenti selama enam tahun,” tutur Rima.

Rima melanjutkan, Indonesia Para Badminton International 2022 akan menjadi pembuktian bagi skuad para bulutangkis di Indonesia usai menyabet berbagai macam gelar internasional dan juga keluar sebagai juara umum di ASEAN Para Games 2022.

“Target kami di Yogya nanti adalah juara umum, sama seperti target di APG 2022 kemarin. Untuk itu, sejumlah atlet yang berhasil mendulang prestasi akan kami sertakan demi mengamankan perolehan juara nanti,” ucap Rima.

Sambutan positif turut diutarakan oleh Ukun Rukaendi. Atlet yang baru saja mengharumkan nama Indonesia dengan meraih medali emas di ASEAN Para Games (APG) 2022 ini memastikan diri berlaga di Indonesia Para Badminton International 2022. Ia mengatakan, kehadiran kompetisi berkualitas di Tanah Air sangat diperlukan bagi pengembangan talenta dan kemampuan para atlet. 

“Waktu diadakan di Solo enam tahun lalu, saya ikut main dan mendapatkan hasil yang cukup baik. Jadi, di Yogya nanti saya juga akan berusaha tampil maksimal. Apalagi ini statusnya bermain di rumah sendiri, tanggung jawab dan targetnya pasti lebih tinggi. Jadi saya harus mempersiapkan yang terbaik,” ujar Ukun.

Hal senada juga diutarakan oleh Rina Marlina yang terjun di nomor tunggal putri SH6. Rina ingin melanjutkan hasil positif yang ia raih di APG 2022 lalu dengan kembali mempersembahkan gelar juara bagi Ibu Pertiwi.

“Kemenangan di APG kemarin tentu bikin saya lebih bersemangat untuk memenangkan gelar internasional lainnya. Semoga saya bisa bermain bagus di hadapan para pecinta bulutangkis Indonesia nanti. Mohon doanya,” tutur Rina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya