Terungkap, Alasan Anthony Ginting Kalah WO di Japan Open 2022

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

VIVA Sport – Kiprah tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting harus berakhir prematur di ajang Japan Open 2022. Ginting menarik diri dari babak 32 besar.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Pebulutangkis asal Cimahi ini sejatinya menghadapi wakil dari Thailand, Kunlavut Vitidsarn pada Rabu siang WIB 31 Agustus 2022 di Maruzen Intec Arena, Osaka. Namun dilansir dalam pantauan VIVA di situs tournament software, Ginting dinyatakan kalah WO. 

Dalam rilis yang diterima, diketahui Ginting urung diri tampil melawan Kunlavut lantaran mengalami cedera punggung bagian bawah. Kondisi ini dijelaskan oleh dokter PBSI, Grace Joselina Corlesa.

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting

Photo :
  • PBSI

"Ginting mengalami cedera punggung bawah atau kita sebut low back pain," kata dr. Grace Joselini Corlesa, dokter PBSI yang menemani tim Indonesia selama berada di Jepang.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

"Dia sudah kita terapi dan tata laksana medis sejak ada keluhan pasca babak perempatfinal di Kejuaraan Dunia melawan Viktor Axelsen di Tokyo kemarin," lanjutnya.

Menurut dr. Grace, walau terus membaik tapi Ginting belum akan maksimal. Jadi keputusan terbaik adalah menarik diri dari turnamen BWF level Super 750 ini.

"Sampai kemarin ada progress membaik tapi bila dipaksakan untuk bermain hasilnya pasti tidak maksimal dan bahkan resiko cederanya makin parah," tutur Grace.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky, akhirnya memutuskan untuk menarik keikutsertaan Ginting setelah mendengar keterangan pihak-pihak terkait.

"Saya mendengar dari pelatih Irwansyah bahwa ada satu momen ketika melawan Viktor, Ginting mencoba mengambil bola yang membuat punggungnya sakit," ujar Rionny.

"Ginting masih mencoba latihan dua hari kemarin tapi memang dia bilang tidak sanggup untuk bertanding karena rasa sakit apalagi ketika menunduk. Rekomendasi dokter juga tidak memberikan izin untuk dia bertanding, jadi kita memutuskan untuk menariknya," jelas Rionny.

Lebih lanjut, dengan mundurnya Ginting, Indonesia menyisahkan 2 wakil di tunggal putra di Japan Open yaitu Chico Aura Dwi Wardoyo dan Jonatan Christie.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya