Tumbangkan Anthony Ginting, Jonatan Christie Juara BrightUp Cup 2022

Jonatan Christie kalahkan Anthony Sinisuka Ginting di BrightUp Cup 2022
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA Sport – Jonatan Christie keluar sebagai juara tunggal putra di mini turnamen yang dihelat PBSI bertajuk BNI BrightUp Cup 2022. Jonatan menang atas rekan sesama pelatnas Anthony Sinisuka Ginting.

Anindya Bakrie Praises PP PBSI for Indonesian Success in All England

Mini turnamen ini dibagi menjadi dua grup yang tiap grupnya berisikan tiga orang. Grup A dihuni oleh Anthony Sinisuka Ginting, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Ng Tze Yong (Malaysia).

Sementara, Grup B berisikan Jonatan Christie, Leong Jun Hao (Malaysia), dan Sitthikom Thammasin (Thailand).

Indonesia Wins Two Champion Titles at 2024 All England

Sebagai informasi, pertandingan ini digelar dengan sistem 1x25. Laga ini dilangsungkan di Tennis Indoor Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis 10 November 2022.

Anthony lebih dulu memastikan langkahnya ke partai puncak setelah mengalahkan Chico 25-20 dan Ng Tze Yong 25-23.

Shanju Lalukan Hal Tak Terduga Saat Jonatan Christie Raih Gelar Juara All England 2024

Sedangkan, Jonatan melaju ke final setelah unggul secara perhitungan angka setelah tumbang dari Leong Jun Hao 23-25 dan menang dari Sitthikom Thammasin 25-16.

Duel di laga pamungkas pun berlangsung sengit antara Jonatan dengan Anthony. Keduanya tak mau kalah dan saling kejar-mengejar angka.

Suasana sempat tegang saat Jonatan sempat unggul jauh 24-19 dan tinggal memastikan satu poin lagi untuk jadi juara. Tapi, Anthony berhasil mengejar hingga 23-24.

Jonatan akhirnya memastikan kemenangan 25-23 setelah Anthony gagal melepaskan service. Pebulutangkis 25 tahun itu pun berhak membawa pulang uang tunai sebesar $7.000 atau setara Rp109 juta. Sementara, Anthony mendapatkan $6.000 atau setara Rp93 juta.

Usai pertandingan, Jonatan menyebut mini turnamen ini sangat bagus untuk simulasi menuju BWF World Tour Finals 2022 yang akan digelar Desember mendatang.

"Ya, sebenarnya pengalaman juga, sih, kayak waktu pertama kali main di World Tour Finals. Waktu itu sama persis tuh, jadi babak pertama awalnya menang lawan Anders Antonesen," ujar Jonatan usai pertandingan.

"Terus babak keduanya pikiran pas awalnya itu pertama ketika menang sedikit merasa aman, terus keduanya lengah, kalah sama Wang Tzu-wei, terus ketiganya sama Kento Momota kalah juga," tambah dia.

"Ya, hampir mirip-mirip dan bagusnya ini juga, kan, memang sama kayak World Tour Finals, kan. Jadi memang walaupun menang match pertama, semua kemungkinan masih ada. Bagus juga buat kami yang berangkat ke World Tour Finals."

Hal senada juga diungkapkan oleh Anthony. Dia bersyukur bisa tampil di mini turnamen ini guna mengukur kemampuan jelang turun di BWF World Tour Finals 2022.

"Ya pastinya bersyukur bisa dikasih kesempatan dan kepercayaan buat main di BrightUp Cup ini. Ini suatu simulasi juga buat nanti ke World Tour Finals, dari sistemnya juga, kan, mirip. Sistem grup, kan. Semoga nanti di World Tour Final bisa memberikan yang terbaik," tutur Anthony.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya