Menang Dramatis Atas Prancis, Rinov/Pitha Melangkah ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022

Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
Sumber :
  • PBSI

VIVA Sport – Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, berhasil meraih kemenangan dramatis pada laga pamungkasnya di Grup A BWF World Tour Finals 2022 nomor ganda campuran.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Wakil Merah Putih itu sukses menumbangkan pasangan asal Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue, lewat laga menegangkan selama tiga gim.

Tampil di Nimibutr Arena, Thailand, Jumat 9 Desember 2022, Rinov/Pitha sempat tertinggal 14-21 di gim pertama. Kemudian, mereka membalikkan keadaan setelah menang 21-17 dan 24-22 di dua gim berikutnya.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Pasangan asal Prancis ini tampak sangat meledak-ledak pada gim pertama. Meski sempat tertinggal 0-3, mereka dengan cepat membalikkan keadaan menjadi 6-3 setelah menorehkan enam angka beruntun.

Sejak itu, Thom/Delphine tak pernah berada dalam posisi tertinggal. Rinov/Pitha sempat menipiskan ketinggalan dalam posisi 7-8, tapi, Thom/Delphine dengan cepat menjauhkan skor menjadi 11-8 sekaligus memimpin di interval gim pertama.

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Usai jeda, Thom/Delphine makin menggila. Bahkan, mereka dengan mudah meninggalkan lawannya 17-10.

Tak butuh waktu lama, pasangan asal Prancis itu menyudahi gim pertama dengan keunggulan 21-14.

Duel berjalan lebih sengit di gim kedua. Rinov/Pitha lebih mampu mengimbangi permainan cepat dari Thom/Delphine.

Aksi kejar-mengejar poin pun terjadi. Kini, giliran pasangan asal Indonesia yang memimpin 11-9 di interval gim kedua.

Terdapat beberapa pukulan error dari Pitha terutama saat melakukan service yang memberikan poin buat lawan. Beruntung, wakil Prancis itu juga kerap melakukan hal yang sama sehingga Indonesia juga mendapatkan poin dari kesalahan lawan.

Benar saja, Rinov/Pitha mampu mencetak enam poin beruntun dan memimpin 20-16 berkat keberanian Pitha memainkan shuttlecock di depan net. Membuat Thom/Delphine kesulitan mengantisipasi pukulan wakil Indonesia itu.

Rinov/Pitha akhirnya mampu memaksakan rubber game setelah unggul 21-17 di gim kedua.

Penampilan ngotot ditunjukkan kedua pasangan di gim ketiga. Pasalnya, hanya pemenang dari duel ini yang berhak lolos ke semifinal.

Kembali Rinov/Pitha menunjukkan performa yang menawan di gim ketiga. Mereka mampu mengimbangi agresivitas Thom/Delphine meski harus tertinggal 9-11 di interval gim ketiga.

Sayang, penampilan mereka sedikit menurun usai jeda. Rinov/Pitha kerap melakukan kesalahan sendiri yang memberikan poin bagi lawan.

Rinov/Pitha sempat tertinggal cukup jauh pada posisi 14-18. Bahkan, mereka hampir saja tumbang lebih cepat setelah wakil Prancis itu memimpin 20-17.

Tapi, mereka menunjukkan semangat juang tinggi dan akhirnya mampu memaksakan deuce 20-20.

Perjuangan mereka pun berakhir manis setelah mampu menyudahi pertandingan ini dengan kemenangan 24-22.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya