Daftar Lengkap Skuad Bulutangkis Indonesia di BAMTC 2023

Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
Sumber :
  • AP Photo/Kien Huo

VIVA Sport – Asisten Pelatih Ganda Putri Pelatnas PBSI Prasetyo Restu Basuki mengungkap alasan pemilihan pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Fadia/Lanny Tria Mayasari menjadi bagian dari kontingen bulutangkis Indonesia, pada Kejuaraan Beregu Campuran Asia (BAMTC) 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Fajar dan Apriyani Pimpin Tim Thomas Cup dan Uber Cup Indonesia

Menurut Prasetyo kedua pasangan tersebut dinilai menjadi pilihan terbaik bagi timnas di BAMTC 2023, terlebih lagi Ribka/Lanny juga punya pengalaman yang tak kalah matang untuk menjadi pelapis bagi Apri/Fadia.

"Di sana kita kan ingin menang ya, yang pasti kita kasih pasangan terbaik yang kita punya yaitu Apri/Fadia dan Ribka/Lanny. Kenapa Ribka/Lanny? Soalnya dia kan ada pengalaman juga," kata Prasetyo dalam pesan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

Berdasarkan urutan peringkat Federasi Badminton Dunia (BWF), pasangan Apri/Fadia berada pada peringkat ke-8. Sedangkan Ribka/Lanny bertengger pada urutan ke-51.

Namun di antara mereka ada pasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi yang menempati posisi ke-18. Meski peringkat mereka di atas Ribka/Lanny, namun pasangan Ana/Tiwi nyatanya tidak ikut diboyong timnas ke Dubai pada 14-19 Februari 2023.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Menyikapi hal tersebut, Prasetyo secara terang mengatakan bahwa alasan kualitas permainan menjadi dasar pertimbangan Pelatnas Cipayung untuk mengandangkan Ana/Tiwi dari turnamen papan atas untuk sementara waktu.

"Ana/Tiwi memang dari kemarin hasilnya agak menurun jadi kita coba pasangan baru," ungkap Prasetyo.

Ia juga menuturkan bahwa kesiapan sektor ganda putri untuk BAMTC 2023 sudah mencapai kesiapan penuh. Terutama Fadia yang sebelumnya sempat cedera di Indonesia Masters, sudah mengalami perkembangan positif.

"Untuk ganda putri kita sudah siap ya. Untuk Fadia yang sempat cedera, saat ini sudah pulih. Ya pada intinya kita sudah siap," katanya menambahkan.

Pasangan Apri/Fadia dan Ribka/Lanny akan menjadi dua dari 10 wakil Indonesia yang akan berlaga pada BAMTC 2023, dengan masing-masing sektor mengirimkan dua wakil.

Berikut susunan pebulutangkis timnas Indonesia pada BAMTC 2023:
Tunggal putra

1. Anthony Sinisuka Ginting
2. Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal putri
1. Gregoria Mariska Tunjung
2. Putri Kusuma Wardani

Ganda putra
1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
2. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

Ganda putri
1. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
2. Ribka Fadia/Lanny Tria Mayasari

Ganda campuran
1. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
2. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

(Ant)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya