Flandy Mundur Terkait Promosi Jabatan, PBSI: Tidak Ada Janji Jadi Pelatih Utama

Mantan pelatih ganda campuran Indonesia, Flandy Limpele
Sumber :
  • pbsi.id

VIVA Sport – PP PBSI menghormati keputusan pelatih ganda campuran, Flandy Limpele yang memilih meninggalkan Pelatnas Cipayung. Namun, menurut Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta, banyak hal yang perlu diluruskan menyangkut pernyataan pelatih pratama ini. 

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

"Pertama-tama, saya menghormati keputusan coach Flandy yang memilih meninggalkan Pelatnas Cipayung untuk melatih ke negara lain," ujar Alex Tirta dikutip VIVA Bulutangkis dari keterangan resmi PBSI, Rabu 1 Maret 2023. 

Alex menjelaskan, terkait pernyataan coach Flandy mengenai promosi jabatan sebagai kepala pelatih sektor ganda campuran pelatnas utama untuk menggantikan Nova Widianto, itu juga harus diluruskan. Alex menegaskan, sejak awal tidak ada janji untuk menjadikan Flandy sebagai pelatih kepala pelatih pelatnas utama. 

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Mantan pelatih ganda campuran Indonesia, Flandy Limpele

Photo :
  • pbsi.id

"Bahkan dari awal, tidak pernah ada pembicaraan atau janji PBSI akan menarik dia sebagai kepala pelatih pelatnas utama. Dia mungkin lupa, coach Flandy sendiri juga sudah berkomitmen dan bersedia untuk melatih pemain-pemain muda di pelatnas pratama," tambah Alex Tirta.

Apriyani/Fadia dan Gregoria Mariska Lolos, 6 Pebulutangkis Indonesia Tembus Olimpiade 2024

Alex menuturkan, PBSI tentu harus menimbang masak-masak untuk memberikan jabatan kepala pelatih pelatnas utama kepadanya. Ini karena coach Flandy belum setahun bertugas dan belum memiliki prestasi besar yang membanggakan sebagai pelatih ganda campuran pratama. Karena untuk bisa menjadikan pemain muda menjadi juara membutuhkan proses dan waktu tidak singkat. 

"Sebab, dia juga belum membuktikan hasil polesannya. Belum ada prestasi besar yang bisa dibanggakan untuk diberi kepercayaan sebagai pelatih kepala pelatnas utama," ucap Alex. 

Lebih lanjut disampaikan Alex, sebenarnya menyangkut gaji, PBSI sudah berkomitmen dan memprogramkan untuk menaikkan pendapatan semua pelatih. Mulai Januari tahun 2023, pendapatan semua pelatih sudah bertambah lebih besar dibanding tahun lalu. 

"Jadi tidak benar kalau PBSI disebut tidak berkomitmen untuk menaikkan pendapatan pelatih. Semua pelatih penghasilannya bertambah di tahun 2023 ini," papar Alex. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya