Gelar Audisi Umum 2023, PB Djarum Cari Calon Juara Bulutangkis

Gelar Audisi Umum 2023, PB Djarum Cari Bibit Pebulutangkis
Sumber :
  • PB Djarum

VIVA Sport - Perkumpulan Bulu Tangkis (PB) Djarum dan Bakti Olahraga Djarum Foundation kembali menyelenggarakan Audisi Umum PB Djarum 2023 untuk menjaring bibit pebulu tangkis bertalenta dan bermental juara.

Marcus Fernaldi Gideon Pensiun, PBSI Panggil Minions

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, mengatakan tahun ini proses seleksi akan dipusatkan di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah selama 5 hari yakni pada 2–6 Juli 2023.

Audisi Umum kali ini menyasar dua kelompok usia, yakni U-11 yaitu peserta dengan usia 8–10 tahun atau kelahiran tahun 2013–2015, dan U-13 yaitu peserta dengan usia 11–12 tahun atau kelahiran tahun 2011–2012, baik putra dan putri.

Kisah Inspiratif Lanny Tria dan Ribka Sugiarto: Dari Tak Diunggulkan Menjadi Juara Swiss Open 2024

Yoppy mengatakan Audisi Umum merupakan upaya klub asal Kudus itu dalam memperkuat roda ekosistem bulu tangkis di Indonesia dan proses regenerasi demi melahirkan pahlawan olahraga tepok bulu Indonesia pada masa mendatang.

“Penyelenggaraan Audisi Umum yang diadakan setiap tahun bukan hanya rutinitas menjaring bibit-bibit berkualitas semata, melainkan lebih pada upaya mendorong, agar ekosistem bulu tangkis terus berputar," kata Yoppy dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu 15 Maret 2023.

Rekam Jejak Indonesia di Piala Thomas dan Uber

Dengan selalu diselenggarakannya Audisi Umum, Yoppy berharap dapat menghasilkan efek positif bagi seluruh pemangku kepentingan yang ada di dunia bulu tangkis, mulai dari atlet, pelaksana event, hingga klub-klub bulu tangkis.

Penghargaan atlet PB Djarum 2022

Photo :
  • PB Djarum

Berputarnya ekosistem bulu tangkis nasional merupakan elemen penting yang bermuara pada lahirnya pahlawan-pahlawan yang kelak mengharumkan nama bangsa di tengah gelanggang olahraga.

“Audisi Umum tidak selalu tentang berapa banyak atlet yang akan bergabung dengan PB Djarum. Tapi tujuan Audisi Umum lebih besar daripada hal tersebut, yaitu memberi dorongan kepada atlet-atlet muda di seluruh Indonesia bahwa inilah waktunya untuk membela Indonesia melalui bulu tangkis," ujarnya.

PB Djarum, kata pria kelahiran Tegal, 6 April 1961 itu, siap memfasilitasi perjuangan atlet. Untuk itu, melalui Audisi Umum pihaknya memanggil bibit-bibit berbakat dari Sabang hingga Merauke untuk berpartisipasi dalam proses seleksi ini.

Antusias

Berkaca pada tahun lalu, tak kurang 2.000 pebulu tangkis datang dari berbagai daerah di Tanah Air demi berjuang memperebutkan Djarum Beasiswa Bulu Tangkis dari Bakti Olahraga Djarum Foundation.

Tidak hanya dari Pulau Jawa, peserta juga datang dari berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya dari Pulau Sumatera dan belahan barat Indonesia yang diwakili oleh Aceh, Medan, Palembang, Riau, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung.

51 peserta lolos babak karantina Audisi Umum PB Djarum 2022

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha

Sementara dari bagian timur Indonesia terdapat peserta dari berbagai daerah di Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, hingga Papua.

Yoppy juga berpesan agar para calon pebulu tangkis di berbagai daerah segera mempersiapkan diri sebaik-baiknya mulai dari sekarang.

“Pendaftaran sudah resmi dibuka mulai hari ini, Rabu (15/3). Jadi masih ada waktu sekitar 4 bulan lagi sebelum Audisi Umum dimulai. Artinya masih ada cukup waktu untuk mempersiapkan diri. Asah lagi tekniknya, tingkatkan stamina, kecepatan dan power," ujarnya.

"Kuatkan juga mental dan daya juang, agar kalian bisa tampil maksimal nanti di Audisi Umum. Karena atlet yang punya peluang besar di Audisi Umum adalah mereka yang punya kualitas di atas rata-rata,” pungkas Yoppy.

Dipantau Legenda

PB Djarum akan menerjunkan tim pencarian bakat yang berisikan legenda dan pelatih PB Djarum terjun langsung memantau bakat para atlet dari tepi lapangan.

Audisi Umum PB Djarum 2022

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha

Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum, Sigit Budiarto, mengatakan Audisi Umum tahun kembali ini menerapkan sistem penilaian yang cukup ketat demi mendapatkan bibit pebulu tangkis berkarakter dan berkualitas sesuai kriteria yang ditentukan PB Djarum.

Selain penguasaan teknik dasar, jajaran tim pencari bakat juga memantau dari semangat juang para peserta di atas lapangan.

“Kriteria akan tetap sama, artinya kami lihat talentanya, kemudian teknik dasar para peserta sudah bagus atau belum, serta daya juangnya di atas lapangan," ujar Sigit.

Untuk detail teknis penilaiannya, lanjut Sigit, dari segi tahap screening maupun turnamen, hingga tahap karantina masih dalam proses penggodokan tim pencari bakat.

"Kami sedang mengevaluasi apa yang harus dibenahi dan diperbaiki agar penerapannya tepat untuk Audisi Umum tahun ini,” ujarnya.

Untuk mencari atlet berkualitas tersebut, tim pencari bakat diisi oleh jajaran pelatih PB Djarum yang akan dikomandoi Fung Permadi sebagai Koordinator Atlet Putra Tim Pencari Bakat dan Yuni Kartika sebagai Koordinator Atlet Putri Tim Pencari Bakat.

Atlet terbaik Liga PB Djarum 2020.

Photo :
  • Istimewa

Selain itu tak ketinggalan pula sederet legenda bulu tangkis Indonesia yang turut serta memantau bakat para peserta Audisi Umum PB Djarum 2023 sejak hari pertama.

“Kami berusaha untuk menemukan talenta-talenta baru maupun bibit-bibit yang super. Sehingga ekosistem bulu tangkis ini akan terus tetap terjaga, yang kemudian sejalan dengan prestasi bulu tangkis Indonesia kian meningkat," kata Sigit.

"Dengan makin banyak peserta yang mendaftar Audisi Umum, berarti olahraga bulu tangkis semakin diminati bahkan menjadi pilihan profesi yang dicita-citakan,” pungkas Sigit.

Untuk mengikuti Audisi Umum PB Djarum 2023, para calon peserta dapat mendaftarkan diri secara daring melalui laman https://pbdjarum.org/klub/beasiswa-bulutangkis/.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya