Anthony Sinisuka Ginting Ungkap Kunci Sukses Jadi Juara Asia

Anthony Sinisuka Ginting juara Badminton Asia Championships 2023
Sumber :
  • PBSI

VIVA Sport – Anthony Sinisuka Ginting menciptakan rekor baru bagi dunia bulutangkis nasional dengan menjuarai tunggal putra Badminton Asia Championships (BAC) di Dubai, Minggu 30 April 2023, usai Indonesia 16 tahun puasa gelar.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Terakhir kali tunggal putra Indonesia juara BAC ialah pada 2007, yang saat itu dipersembahkan oleh legenda bulutangkis nasional Taufik Hidayat.

Ginting tak hanya mengikuti jejak Taufik yang juga sama-sama jebolan klub SGS PLN Bandung, namun gelar juara dari BAC yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab itu, merupakan titel perdananya dari Kejuaraan Asia.

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

Keberhasilan Ginting diraih setelah ia mengalahkan juara dunia 2023 Loh Kean Yew pada babak final BAC 2023. Unggulan kedua itu membungkam permainan Loh hanya dalam 26 menit dan dua gim langsung 21-12, 21-8.

Anthony Ginting juara Badminton Asia Championships 2023

Photo :
  • Instagram PBSI
Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Usai naik podium, Ginting buka-bukaan soal kunci keberhasilannya naik jadi juara Asia. Ketenangan jadi faktor utama.

"Sangat bersyukur saya bisa bermain cukup baik di sepanjang minggu ini, bisa menikmati pertandingan dan tenang dalam lapangan. Ini pastinya salah satu pencapaian terbaik buat saya, titelnya juara Asia kan besar juga. Semoga dari sini bisa membuat kepercayaan diri yang lebih lagi, lebih termotivasi lagi di pertandingan-pertandingan berikutnya," ujar Ginting dikutip VIVA Bulutangkis dari keterangan resmi PBSI, Senin 1 Mei 2023.

Menurut Ginting, ia enggan berpuas diri, sebab masih banyak target dan gelar yang ingin diraih.

"Ke depan saya masih banyak target-target dan gelar-gelar yang ingin saya raih. Tapi balik dari sini saya ingin enjoy dulu, satu sampai dua hari, istirahat sebelum masuk lagi ke persiapan Piala Sudirman," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya