Tim Bulutangkis Indonesia Maksimalkan Persiapan Jelang Tempur di Piala Sudirman 2023

Latihan atlet bulutangkis Indonesia jelang Piala Sudirman 2023
Sumber :
  • PBSI

VIVA Sport – Timnas bulutangkis Indonesia terus memaksimalkan persiapan jelang dimulainya Piala Sudirman 2023 melalui sesi latihan kedua yang berlangsung di Suzhou Olympic Sports Centre, China, Sabtu 13 Mei.

Pada latihan kedua, Skuad Garuda berkesempatan menjalani latihan dengan durasi lebih lama dibanding latihan pertama yang hanya berlangsung 2,5 jam.

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

"Hari ini kita menjalani latihan kedua. Saya harapkan pemain bisa memaksimalkan kesempatan latihan ini karena awal pekan sudah siap bertanding," kata Manajer Tim Armand Darmadji lewat keterangan tertulis PP PBSI di Jakarta.

Pada latihan kedua, timnas Indonesia mendapat waktu 2,5 jam pada lapangan latih dan tiga jam untuk mencoba lapangan pertandingan utama.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Latihan atlet bulutangkis Indonesia jelang Piala Sudirman 2023

Photo :
  • PBSI

Menurut pelatih tunggal putri Indra Widjaja, latihan kedua memang ditujukan agar semua aspek bisa dimaksimalkan. Tak hanya feeling pukulan, tetapi juga kelenturan badan Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani disiapkan secara maksimal agar otot-otot makin siap.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Selain itu, latihan kedua ini juga untuk mengasah pola pikir, fokus, dan konsentrasi pemain. Piala Sudirman adalah kejuaraan beregu yang menuntut mental tangguh pemain, sehingga faktor psikis juga terus dibangun agar makin siap.

"Semua jenis pukulan terus diasah dalam latihan hari ini. Ini agar pemain makin siap menjelang laga perdana. Saya lihat Gregoria dan Putri KW sudah begitu siap untuk dimainkan. Konsentrasi dan fokus mereka juga perlu dibangun jelang turun bertanding," kata Indra.

Pelatih ganda campuran Amon Sunaryo juga tidak kalah sibuk. Selain latihan gim, ia juga melatih pukulan para anak didiknya. Satu persatu pemain menjalani latihan stroke berbagai jenis pukulan.

"Latihan ini kami lakukan biar pemain makin siap menghadapi hari pertandingan. Semua hal kita tingkatkan dan maksimalkan. Sejauh ini performa tiga pasangan ini tetap terjaga dengan baik. Mereka siap bertanding," sebut Amon.

Hal serupa dilakoni pemain ganda putri. Pelatih Prasetyo Restu Basuki menggenjot anak didiknya agar makin siap bertanding. Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, dan Lanny Tria Mayasari dilatih gim dan mengasah semua teknik pukulan.

"Kami tambah siap dengan latihan hari kedua ini. Semua sudah makin semangat dan siap untuk dimainkan. Kami siap tempur," kata Prasetyo.

Muhammad Rian Ardianto juga menilai latihan kedua hari ini terasa lebih optimal. Para pemain bisa berlatih lebih normal dan tidak ada lagi rasa lelah atau mengantuk lagi seperti latihan perdana, Jumat.

"Hari ini kami latihan terasa lebih baik dibanding kemarin. Latihan ini membuat kami makin siap untuk menghadapi pertandingan. Kami berlatih normal dan rasanya semua pemain menjalani lebih antusias," pungkas pemain ganda putra itu. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya