Christian Adinata Cedera Lutut Parah dari Malaysia Masters 2023, Dapat Penanganan Serius

Christian Adinata mengalami cedera di Malaysia Masters 2023
Sumber :
  • AP Photo/Kien Huo

VIVA Sport – Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) memastikan bahwa cedera yang dialami tunggal putra Christian Adinata dari ajang Malaysia Masters 2023 masuk dalam kategori parah sehingga butuh penanganan serius.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Bidang Medis PBSI, dokter Nicolaas C Budhiparama yang telah memeriksa kondisi Christian secara langsung dan menemukan adanya robekan pada ligamen tempurung kaki kiri.

"Saat ini Christian memang perlu tindakan untuk proses penyembuhan cedera lutut. Dari hasil MRI, cedera lututnya memang cukup parah. Ligamen tempurung robek," kata Nicolaas dalam keterangan resmi PP PBSI di Jakarta, Senin 29 Mei.

Profil Rudy Hartono Legenda Bulutangkis Indonesia Peraih Trofi All England Terbanyak

Tunggal putra Indonesia, Christian Adinata

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa

Selain adanya robekan pada otot ligamen, ditemukan juga memar tulang bagian lutut dan cartilage defect (kerusakan lapisan sendi) pada tulang lutut.

Sebagai penanganan, Christian dijadwalkan menjalani penyedotan darah yang beku pada bagian lutut Senin siang. Selanjutnya pebulu tangkis asal Pati, Jawa Tengah, itu akan menjalani fase penyembuhan beberapa pekan ke depan.

"Lalu sebagai bagian penyembuhan, dalam tiga minggu ke depan, lutut Christian tidak boleh ditekuk dahulu," kata Nicolaas.

Indonesia Berjaya di All England 2024, Anindya Bakrie Apresiasi PP PBSI

Sebelumnya, Christian mengalami cedera saat menjalani pertandingan babak semifinal Malaysia Masters 2023 menghadapi Prannoy HS asal India, Sabtu (27/5).

Insiden tersebut terjadi pada gim pertama, saat Christian sedang asik beradu pengembalian dengan Prannoy dalam persaingan ketat 17-19.

Saat itu Christian berusaha melakukan jumping smesh untuk menyerang Prannoy. Sayangnya Christian melakukan kesalahan tumpuan saat kakinya menyentuh lapangan.

Tumpuan yang belum siap membuat kaki kirinya langsung menerima beban yang terlalu berat dan merusak otot ligamen kaki kiri. Akibatnya Christian langsung terjatuh sesaat setelah mendarat di lantai lapangan dan menahan rasa sakit hingga tak sanggup bangkit.

Kejadian tersebut membuat pertandingan dihentikan dan Prannoy pun langsung menghampiri Christian untuk memastikan kondisi lawannya.

Termasuk Rudy Hartono, Ini 5 Tunggal Putra Peraih Trofi All England Terbanyak

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis pertandingan dan didampingi pelatih tunggal putra Irwansyah, akhirnya Christian memutuskan untuk mundur karena kondisinya yang sudah tidak memungkinkan untuk melanjutkan laga.

Pertandingan pun berakhir pada menit ke-27 dan Christian kehilangan peluang melaju ke babak final BWF Super 500 perdananya.

kapten Timnas Argentina Lionel Messi meninggalkan lapangan usai kerusuhan

Lawan El Salvador dan Kosta Rika, Timnas Argentina Tanpa Lionel Messi

Lionel Messi dipastikan absen membela Timnas Argentina di dua laga persahabatan FIFA Matchday karena cedera hamstring.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024