BWF Usahakan Atlet Rusia dan Belarus Bisa Kembali Berlaga

BWF World Tour.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA Sport - Federasi bulutangkis dunia BWF sedang mengupayakan agar para pemain Rusia dan Belarus dapat berkompetisi di bawah bendera netral menyusul sanksi yang diterapkan kepada Moskow karena invasi ke Ukraina.

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan

Lewat keterangan resminya, Rabu 31 Mei 2023, BWF mengatakan bahwa setiap atlet harus diizinkan berpartisipasi dalam kompetisi tanpa dihakimi atas paspor mereka serta memisahkan konflik geopolitik di luar olahraga.

"Olahraga harus membangun perdamaian dan solidaritas antara semua orang dan tidak boleh menjadi kendaraan politik untuk mempengaruhi geopolitik," demikian laman resmi BWF.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

Menyusul pembahasan yang dilakukan pada awal pekan ini, BWF akan membawa kerangka operasional dan regulasi "untuk mengizinkan atlet-atlet berpaspor Rusia dan Belarus untuk berkompetisi sebagai atlet individual netral" dalam pertemuan dewan federasi tersebut pada Agustus di Kopenhagen, Denmark.

Keputusan itu juga dilatarbelakangi oleh semakin dekatnya penyelenggaraan Olimpiade Paris yang setahun lagi berlangsung di ibukota Prancis itu.

Viral Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta, Ini Kata Bea Cukai

BWF melarang atlet Rusia dan Belarus berkompetisi pada Maret tahun lalu dan memperpanjang sanksi tersebut satu bulan berselang setelah invasi Moskow ke Ukraina memasuki tahun keduanya.

Tentara Rusia berbaris selama aksi mendukung invasi di Ukraina

Photo :
  • AP Photo/Alexandr Kulikov

Atlet dari kedua negara tersebut telah dihujam berbagai sanksi dari berbagai federasi olahraga sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Pada Maret Komite Olimpiade Internasional merekomendasikan para atlet Rusia dan Belarus dapat kembali berkompetisi, namun tanpa memberi pernyataan lebih lanjut terkait partisipasi mereka di Olimpiade Paris. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya