Berebut Hadiah Rp600 Juta, Ribuan Pebulutangkis Ikuti Polytron Wali Kota Cup Solo

Polytron Wali Kota Cup Solo 2023
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Sport – Sebanyak 1.373 atlet bulutangkis mengikuti kejuaraan bergengsi Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 yang digelar di GOR Sritex Arena, Solo, 5 – 10 Juni 2023. Kejuaraan tersebut diikuti berbagai klub dan pebulutangkis dari berbagai penjuru di Tanah Air dengan total hadiah di atas Rp600 juta.

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024

Direkur Komersial Polytron Tekno Wibowo mengatakan Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 diharapkan dapat menjadi tolok ukur pengembangan bakat pebulutangkis Indonesia. Terlebih lagi dalam kejuaraan nasional bulutangkis ini jumlah peserta meningkat signifikan sehingga persaingan menapaki tangga juara kian kompetitif.

“Dengan semakin kompetitifnya kejuaraan Polytron Wali Kota Cup 2023 ini diharapkan bisa menjadi awal yang bagus untuk regenerasi dan mengasah bibit atle bulutangkis yang berbakat di Indonesia,” kata dia di Solo, Minggu, 5 Juni 2023.

PB IKASI Kirim Arval Raziel dan Ricky Dhisulimah Ikut Kualifikasi Olimpiade

Menurut Tekno, kenaikan jumlah peserta ini tak lepas dari status Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 sebagai kejuaraan swasta nasional yang masuk dalam kalender PBSI. Dengan status tersebut, para atlet yang berpartisipasi dan meraih gelar juara akan mendapat poin guna meningkatkan peringkat mereka di level nasional.

“Pada edisi sebelumnya yakni Wali Kota Cup Solo 202, terdapat 762 peserta yang bertanding pada 19 nomor dari berbagai kategori usia. Sedangkan untuk tahun ini akan mempertandingkan 26 kategori usia dan ditambah nomor dewasa. Total peserta 1.373 pebulutangksi dari 225 klub di Tanah Air,” ucapnya.

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah Basri Yusuf mengapresiasi atas keseriusan penyelenggaran yang menjadikan Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 sebagai turnamen level nasional. Naiknya status regional menjadi nasional itu sehingga dapat diikuti oleh berbagai klub dan atlet bulutangkis dari berbagai penjuru Indonesia.

“Tahun yang lalu hanya diikuti oleh atlet Jawa Tengah tetapi saat ini atlet-atlet bulutangkis dari berbagai kota di Indonesia,” sebut dia.

Dalam kejuaraan nasional bulutangkis ini, dikatakan Basri, pihak penyelenggara memasukkan nomor pertandingan dewasa baik untuk partai tunggal, ganda putra maupun ganda campuran. Kehadiran kelompok dewasa ini bertujuan sebagai wadah uji kemampuan bagi atlet junior yang baru beranjak dewasa.

“Karena di tingkat nasional, pertandingannya minim untuk nomor pertandingan dewasa. Dalam satu tahun mungkin hanya satu dua kejuaraan yang memasukkan kategori dewasa. Sementara para atlet itu butuh jam terbang untuk masuk ke jenjang senior,” kata dia.

Wakil Ketua Pelaksana Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 Eddy Prayitno mengatakan panitia telah siap menyambut ribuan peserta yang bakal mengikuti pertandingan di kejuaraan nasional bulutangkis yang digelar di Solo. Pertandingan tersebut akan digelar di 12 lapangan yang tersebar di tiga gelanggang olahraga.

“Pertandingan akan digelar di di GOR Sritex Arena A, GOR Seritex Arena B dan GOR Universitas Sebelas Maret,” ucapnya.

Sementara itu salah satu peserta, Emanuel Joseph Surya Hartono yang akan turun di kelompok U-19 mengaku antusias jelang Polytron Wali Kota Cup Solo 2023. Atlet asal Pekalongan ini berstatus juara bertahan karena berhasil memenangani Wali Kota Cup Solo 2022 di nomor ganda taruna.

“Ssemoga saya bisa mempertahankan gelar juara bertahan, sukur kalau bisa mendapat medali lebih dari satu nomor. Waluapun banyak lawan yang cukup berat pada kejuaraan kali ini, seperti klub dari jaya Raya, Exist, Champion dan Mutiara Cardinal tetapi dengan persiapan latihan yang cukup, saya optimistis,” kata dia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya