Perjuangan Chou Tien Chen Melawan Kanker

Chou Tien Chen
Sumber :
  • Viva/Rosikin

Jakarta – Tunggal putra Taiwan, Chou Tien Chen berbagi momen perjuangannya melawan kanker. Selama setahun terakhir, dia berjuang melawan kanker usus besar tapi kemudian bisa bangkit.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Setelah berjuang sembuh dari kanker usus besar, Chou Tien Chen keluar sebagai juara di Thailand Masters 2024. Menurut dia, masa perjuangannya sebagai penyintas tidaklah mudah.

“Saya berharap saya bisa menyemangati diri sendiri dan menginspirasi orang lain (dari cerita ini),” kata Chou dikutip dari Twitter BWF, Rabu 7 Februari 2024.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Chou Tien Chen

Photo :
  • Viva/Rosikin

Pebulutangkis berusia 34 tahun itu menderita kanker kolorektal stadium pertama. Tapi dia tak mau menyerah dengan berhenti dari dunia tepok bulu.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Setelah sembuh, dia bisa kembali ikut kejuaraan sejak tahun lalu. Dan akhirnya podium pertama Thailand Masters 2024 berhasil dikuasai oleh Chou.

Ketika didiagnosa menderita kanker, Chou langsung menjalani operasi. Tujuannya untuk mengangkat sebagian usus besarnya agar tidak terjadi penyebaran penyakit.

Proses latihan yang dijalani Chou juga tidak terganggu. Yang paling utama dia lakukan adalah kontrol pola makan, sehingga kondisi tubuh terjaga lebih baik.

Chou Tien Chen

Photo :
  • Viva/Rosikin

Tapi, kebugaran fisik bukan cuma soal utama yang harus diperhatikan. Kondisi mental Chou tak dipungkiri juga terpengaruh karena tak menyangka bisa terkena kanker.

Performanya pun sempat menurun di tahun lalu. Dia kerap kali terhenti langkahnya di babak awal, dan diikuti dengan merosotnya ranking BWF dari 5 ke 14.

Namun, di tengah kesulitan itu, dia juga sempat menjuarai Hylo Open 2023, menjadi finalis Swiss Open 2023, dan masuk ke babak semifinal Kumamoto Masters 2023.

“Saya ingin memberi tahu orang-orang, bahwa pasti ada jalan keluar, tak peduli seberapa sulit mereka dihadapkan pada sebuah masalah,” tuturnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya