Akhirnya Anthony Ginting Lepas dari Kutukan

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting
Sumber :
  • twitter.com/INABadminton

VIVA – Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting berhasil melaju ke babak 16 besar French Open usai menyingkirkan Weng Hong Yang. Dalam pertandingan yang berlangsung di Adidas Arena, Selasa 5 Maret 2024, Ginting harus menjalani pertarungan tiga gim.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Ginting yang sempat takluk 7-21 di gim pertama, berhasil keluar sebagai pemenang setelah memenangi dua gim setelahnya 21-18, 21-15.

Usai pertandingan, Ginting mengatakan semangat pantang menyerah menjadi kunci suksesnya merebut kemenangan. 

Jadwal dan Siaran Langsung Tim Bulutangkis Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2024

"Puji Tuhan bisa bermain dengan baik dan menyelesaikan pertandingan tanpa cedera. Di gim pertama permainan saya tidak berkembang, serba salah mau bermain seperti apa," kata Ginting seusai laga, dikutip dari keterangan resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Selasa.

"Tapi di gim kedua saya tidak mau menyerah begitu saya, terus cari cara, terus cari solusi buat dapat strategi yang tepat. Setelah interval, saya mulai menemukan polanya dan berhasil sampai akhir," lanjutnya.

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

Ginting mengatakan sejatinya pertemuan terakhirnya dengan Weng di babak 32 besar Kumamoto Masters Jepang tahun lalu, sudah ada perbaikan dari sisi permainannya. Namun, saat itu ia masih harus menyerah dengan 16-21, 21-18, dan 17-21.

Ia lalu menambahkan bahwa kunci kemenangannya di French Open melawan tunggal putra peringkat 15 dunia itu adalah juga karena ia sempat meminta masukan dari pemain tunggal putra Indonesia lainnya yaitu Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

"Tidak ada beban karena belum bisa menang melawan dia. Sebenarnya di pertemuan terakhir, sudah ada perkembangan yang baik dari sisi permainannya. Selain itu, saya ada diskusi dengan pelatih dan teman-teman seperti Jonatan (Christie) dan Chico (Aura Dwi Wardoyo) yang pernah bertemu Wong Heng Yang juga," ucap pebulu tangkis 27 tahun itu.

"Dari sana, ada masukan-masukan yang tidak saya pikirkan sebelumnya. Bersyukur strateginya berhasil," tambahnya.

Di babak 16 besar, Ginting akan bertemu wakil Singapura Loh Kean Yew yang baru saja mengalahkan wakil tuan rumah Toma Junior Popov dengan 21-14, 23-21.


Bagi Ginting, kemenangan ini memutus catatan buruk Ginting yang tidak pernah menang dalam empat laga sebelumnya melawan Weng Hong Yang.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya