Jatim Dukung Pembatasan Umur di PON 2012

Final Ganda Putera Bulutangkis Sea Games XXVI
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Di tengah seretnya prestasi pebulutangkis senior , Pengprov PBSI Jatim menyambut gembira pembatasan usia di PON XVIII 2012 Riau. Batasan maksimal adalah 25 tahun.

Setidaknya, target satu emas dari KONI Jatim akan terasa lebih ringan untuk diraih. “Keputusan itu memang tepat untuk membangkitkan prestasi bulutangkis nasional yang terpuruk sepanjang 2011. Jatim juga diuntungkan karena berpeluang mendapatkan emas lebih banyak dibanding jika tidak ada pembatasan umur,” kata Sekjen PB PBSI Jacob Rusdianto yang juga ketua PBSI Jatim, Senin (26/12) malam.

Dengan adanya pembatasan usia tersebut, pemain papan atas seperti Simon Santoso, Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro di tunggal putra tidak bisa turun. Jatim sendiri memiliki stok melimpah di bawah usia 25 tahun.

Saat ini, delapan pebulutangkis Jatim tergabung di pelatnas Cipayung. Seperti Ryan Agung, Christoper Rusdianto, Ricky Widianto, Wisnu Yuli, dan Febriant Irvannaldi (putra). Kemudian di sektor putri, ada Aprillia Yuswandari, Zena Ghozali, dan Shendy Puspa.

Sebagai pelapis, Jatim juga menyiapkan empat atlet di luar para pebulutangkis Cipayung, yaitu Fauzi Adnan, Hendra SN, Trikusuma dan Variella Aprilsasi.

"Kita masih optimis bisa memenuhi target KONI Jatim yang satu emas, karena kita masih punya Aprilia, Shandy, Rian, dan Christopher," kata Kabid Binpres PBSI Jatim Widjanarko Adi Mulya.

Untuk tunggal putri, posisi Aprilia punya kans paling besar menyabet emas. Saingan hanya tinggal pebulutangkis Jabar, Linda Weni. Begitu juga di ganda putra, pasangan Ricky/Shandy punya kans besar setelah pasangan terkuat Bona Septano/Moh Ahsan dipastikan pecah kongsi.

Di Sirkuit Nasional (Sirnas) Bulu Tangkis ke-I8/2011 di Surabaya, akhir pekan lalu, pebulutangkis nonpelatnas Jatim, Variella keluar sebagai juara ganda dewasa. Variella berpasangan dengan Lita Nurlita (PB SGS PLN Bandung). Sedangkan Fauzi harus terhenti di semifinal. Pemain asal PB Suryanaga itu dijegal Senatria Agus Setia (PB SGS PLN Bandung).

Sementara itu, demi mengejar target menimal satu medali emas di PON, Pengprov Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jatim bakal memperbanyak agenda  uji coba. Rencananya, pebulutangkis Pusltada Jatim  berencana akan mengirimkan atlet-atletnya mengikuti banyak pertandingan ke luar negeri sebagai  uji coba. (eh)

Laporan: Adi Yoga/Surabaya

Kata Shin Tae-yong Usai Justin Hubner Tak Diizinkan Cerezo Osaka Gabung Timnas Indonesia U-23
Rizky Febian dan Mahalini.

Terungkap Suvenir Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Siapkan Ribuan Barang Mewah

Hari bahagia Rizky Febian dan Mahalini Raharja semakin dekat. Berbagai persiapan pun sudah terpenuhi hampir 100 persen dengan sempurna, mulai dari rangkaian jelang nikah.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024