Australian Open 2012

Djokovic Tundukkan Nadal di Final Terpanjang

Novak Djokovic mencium trofi Australian Open 2012
Sumber :
  • REUTERS/Toby Melville

VIVAnews - Novak Djokovic berhasil mempertahankan gelar Australian Open 2012 setelah mengalahkan Rafael Nadal dalam final terpanjang sepanjang sejarah Grand Slam dengan 5-7, 6-4, 6-2, 6-7 dan 7-5 di Rod Laver Arena, Minggu 29 Januari 2012.

Pertandingan final antara Djokovic melawan Nadal memakan waktu hingga 5 jam dan 53 menit. Djokovic memastikan kemenangannnya sekitar pukul 1.37 dini hari waktu setempat.

Petenis asal Serbia itu juga menjadi petenis kelima yang mampu memenangkan gelar Grand Slam tiga kali beruntun sejak era open dimulai pada 1968. Ini adalah gelar Australian Open ketiga Djokovic setelah memenangkannya pada 2008 dan 2011.

Kemenangan di final ini juga memperpanjang rekor Djokovic melawan Nadal. Petenis nomor satu dunia itu sukses mengalahkan Nadal di tujuh kali final sebuah turnamen secara beruntun.

Sedangkan Nadal menjadi petenis pertama di era open, yang tumbang tiga kali beruntun di ajang Grand Slam. Sebelumnya petenis asal Spanyol itu juga dikalahkan Djokovic pada ajang Wimbledon dan US Open tahun lalu.

Pertandingan ini juga mencetak rekor pertandingan final Grand Slam terpanjang. Final terpanjang sebelumnya terjadi ketika Mats Wilander mengalahkan Ivan Lendl pada pertarungan lima set di US Open 1988.

Gak Percaya Anaknya Biasa Pakai Narkoba, Ibunda Chandrika Chika: Saya Tau Anak Saya Seperti Apa
Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Refly Harun saat diwawancarai oleh wartawan di Padang, Sumatra Barat, Selasa, 28 November 2023.

Refly Harun: Anies-Muhaimin Pengkhianat Jika Gabung Pemerintah

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun, memberikan tanggapannya terkait peluang pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bergabung ke Pemerintahan usai kalah di Pilpres.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024