Djokovic: Tak Mudah Manaklukkan Nadal

Novak Djokovic juara US Open 2011 dengan latar belakang Rafael Nadal
Sumber :
  • REUTERS/Eduardo Munoz

VIVAnews - Novak Djokovic sukses mempertahankan gelar juara turnamen grand slam awal musim, Australian Open. Petenis peringkat satu dunia itu mengungkapkan tidak mudah menaklukkan rivalnya di laga final, Rafael Nadal.

Minggu 29 Januari 2012, Djokovic harus melewati pertandingan sengit dengan petenis peringkat dua dunia tersebut, sepanjang lima set, 5-7, 6-4, 6-2, 6-7, 7-5, selama 5 jam dan 53 menit. Duel di Rod Laver Arena, Melbourne, itu pun menjadi laga final terpanjang dalam sejarah grand slam.

“Saya punya banyak peluang untuk menyelesaikan pertandingan di set keempat. Tapi, dia bangkit dengan sejumlah servis luar biasa dan menghasilkan banyak poin,” ujar Djokovic seperti dikutip dari Reuters, Senin 30 Januari 2012.

“Jadi, dia layak memperpanjang laga dia set kelima, di mana kami berdua punya kesempatan yang sama untuk menang. Meskipun sempat tertinggal 2-4 di set kelima, saya meyakinkan diri untuk bangkit. Energi kami tentunya sudah sangat terkuras,” papar petenis kelahiran Serbia, 24 tahun silam, itu.

Sebelum menundukkan Nadal, Djokovic juga berhadapan dengan pemain-pemain unggulan lain. Di perempat final, petenis yang dijuluki The Djoker itu menyingkrikan pemilik rangking lima dunia, David Ferrer. Sedangkan di laga semi final, Djokovic mengalahkan unggulan keempat, Andy Murray.

“Saya bisa melewati semuanya dan itu sangat penting. Anda tahu, saya rasa ini bukan masalah besar dan di beberapa momen, mungkin hanya keberuntungan. Tapi ini adalah usaha yang luar biasa,” tegas petenis yang berdomisili di Monte Carlo, Monaco, tersebut.

Ini merupakan kali ketiga Djokovic menjuarai Australian Open, setelah 2008 dan 2011. Kini, peraih medali perunggu di Olimpiade 2008 itu sudah mengoleksi lima gelar juara grand slam, termasuk trofi Wimbledon dan US Open 2011.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Kemenangan di final kali ini juga memperpanjang rekor Djokovic melawan Nadal. Ia sukses mengalahkan rival asal Spanyol itu dalam tujuh final turnamen secara beruntun. (irb)

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024