Bona/Ahsan Tumbang, Tradisi Emas Terancam

Ganda putra Indonesia, Muhamad Ahsan (depan) dengan Bona Septano
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad

VIVAnews - Harapan Indonesia mempertahankan tradisi emas di cabang bulutangkis Olimpiade kini tinggal bergantung pada nomor ganda campuran. Sebab, di nomor ganda putra, harapan Merah Putih, Bona Septano/Muhammad Ahsan harus rontok di babak perempatfinal.

Bona/Ahsan dipaksa menyerah di tangan ganda terbaik dunia asal Korea Selatan (Korsel), Chung Jae-sung/Lee Yong-dae. Ganda putra Indonesia ini menyerah dua set langsung 12-21, 16-21 dalam waktu 44 menit.

Berlaga di Wembley Stadium, Kamis 2 Agustus 2012, Bona/Ahsan sempat mengawali pertandingan set pertama dengan keunggulan 7-5. Namun, pengembalian Bona yang menyangkut net sukses membuat ganda putra Korsel menyamakan kedudukan 7-7.

Pelan namun pasti, ganda putra Korsel berhasil menjauh 9-17 sebelum akhirnya menyudahi perlawanan Bona/Ahsan di set pertama dengan skor akhir 12-21.

Di set kedua, Bona/Ahsan yang kini menduduki peringkat enam dunia mencoba bangkit. Duel ketat terjadi. Sempat tertinggal jauh, Bona/Ahsan mampu mendekati perolehan angka ganda Korsel menjadi 15-16.

Tak ingin ganda putra Indonesia bangkit, ganda putra Korsel langsung coba tampil lebih agresif. Hasilnya, ganda putra Korsel sempat berhasil mengunci perolehan angka Bona/Ahsan di angka 15 dengan keunggulan 15-20.

Harapan Bona/Ahsan sempat muncul saat mampu merubah kedudukan menjadi 16-20. Namun, Jae-sung/Yong-dae akhirnya menutup pertandingan dengan kemenangan 16-21 setelah pengembalian Ahsan menyangkut net.

Sang Rival Pecahkan Rekor Usain Bolt

Di babak semifinal, ganda putra Korsel ini akan menantang pemenang duel ganda putra Taipe,  Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu melawan ganda putra Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Peluang terbesar untuk meraih emas ada di tangan Mohamad Tontowi/Lilyana Natsir yang pada pukul 18:30 nanti akan memainkan partai 8 besar.  Memang masih ada dua atlet lain di cabang atletik yang belum bertanding namun tak diunggulkan untuk meraih medali. Dua atlet ini adalah Triyaningsih (marathon) dan Fernando Lumain yang main di nomor 100m sprint yang juga diikuti oleh Usain Bolt. (irb)

Indonesia Targetkan Dapat 20 Emas di Special Olympics
Pelepasan kontingen Olimpiade 2016 di kantor KOI

Kontingen Olimpiade Indonesia Bertolak ke Brasil Sore Ini

Ada 28 atlet dari 7 cabang olahraga yang terbang ke Rio de Janeiro.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016