Tantangan Berat Tunggal Putri Indonesia di SEA Games 2013

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Bellaetrix Manuputty
Sumber :
  • badmintonindonesia.org

VIVAnews - Sektor tunggal putri bulutangkis Indonesia kembali mendapat tantangan berat di SEA Games 2013 (XVII) Myanmar. Hasil undian yang dirilis kemarin, Senin 9 Desember 2013, kurang menguntungkan bagi dua wakil tunggal putri Indonesia, Aprilia Yuswandari dan Bellaetrix Manuputty.

Di babak pertama, Bellaetrix sudah harus berhadapan dengan pemain andalan Singapura, Gu Juan. Di atas kertas, Gu yang bertengger di peringkat 20 dunia, lebih diunggulkan ketimbang Bellaetrix yang kini menduduki ranking 35 dunia.

Kedua pemain memang belum pernah saling berhadapan, namun Gu Juan pernah tampil mengejutkan dengan menaklukkan sejumlah tunggal putri tangguh dunia seperti Saina Nehwal (India) dan Tai Tzu Ying (Taiwan). Beberapa tunggal putri Indonesia juga pernah dikalahkan Gu Juan, seperti Adriyanti Firdasari, Linda Wenifanetri, Maria Febe Kusumastut dan Hera Desi Ana Rachmawati.

Meski Gu Juan lebih diunggulkan, namun manajer tim bulutangkis Indonesia, Ricky Soebagdja, tetap yakin dengan peluang Bellaetrix di babak pertama. "Bellaetrix sudah siap untuk menghadapi pertandingan di babak pertama. Saya rasa peluangnya sama kuat untuk kedua pemain 50:50," ujar Ricky seperti dikutip dari situs resmi PBSI.

Sementara itu, Aprilia akan menghadapi wakil tuan rumah, Thu Zar Thet Htar. Melihat lawan yang masih minim pengalaman, Aprilia diyakini bisa melangkah ke babak kedua. Jika lolos, Aprilia kemungkinan besar akan melawan unggulan kedua dari Thailand, Busanan Ongbumrungpan, di babak selanjutnya.

"Sektor tunggal putri memang peringkat dunianya jauh, jadi ya posisinya seperti ini. Tetapi, mau tidak mau, harus tetap berjuang, siapa pun lawan yang akan dihadapi," tegas Ricky.

Indonesia tidak pernah meraih medali emas tunggal putri di SEA Games sejak 2007. Pertandingan cabang bulutangkis SEA Games 2013 akan mulai digelar hari ini, Selasa 10 Desember 2013. Berikut ini adalah jadwal pertandingan para pebulutangkis Indonesia di babak pertama:

Tunggal Putra
Dionysius Hayom Rumbaka (INA) vs Seng Chaleun Phaxay (LAO)
Wisnu Yuli Prasetyo (INA) vs Phorrom Cheng (CAM)

Tunggal Putri
Aprilia Yuswandari (INA) vs Thu Zar Thet Htar (MYA)
Bellaetrix Manuputty (INA) vs Gu Juan (SIN)

Ganda Putra
Angga Pratama/Rian Agung S (INA) bye
Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan (INA) vs Chantong Sok/Chanmara Tep (CAM)

Ganda Putri
Nitya K Maheswari/Greysia Polii (INA) bye
Gebby R Imawan/Tiara Rosalia N (INA) vs Nguyen Thi S/Vu Thi Trang (VIE)

Ganda Campuran

Muhammad Rijal/Debby Susanto (INA) bye
Riky Widianto/Richi Puspita Dili (INA) bye

Jadwal pertandingan:

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

Selasa, 10/12/2013
09.00 – 14.00 Babak Pertama

Kamis, 12/12/2013
09.00 - 14.00 Perempat Final

Jumat, 13/12/2013
09.00 – 14.00 Semifinal

Sabtu, 14/12/2013
14.00 Final

Yapnas Charity Golf Tournament 2013

GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda

Turnamen golf GGI 2015 akan dihelat pada akhir pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
11 Desember 2015