5 Fakta Menarik Jelang Turnamen Wimbledon

Novak Djokovic
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id –
Djokovic dan Murray Lolos dari Putaran Ketiga Paris Masters
Grand Slam Wimbledon 2015 akan dimulai pada Senin 29 Juni 2015 waktu setempat. Pada babak pertama tersebut, ada beberapa rekor individu yang bisa ditorehkan oleh para petenis ternama dunia.

PB Pelti Gelar Turnamen Indonesia Men's Future 2016

Pada nomor putra, Novak Djokovic akan bermain dengan status sebagai juara bertahan. Meskipun minim persiapan, petenis nomor 1 dunia versi WTA ini sudah siap bersaing dengan Rafael Nadal, Rafael Nadal, Roger Federer, hingga Andy Murray.
Kejutan Lagi dari Tenis Olimpiade, Serena Williams Keok


Djokovic akan memulai babak pertama dengan melawan petenis asal Jerman, Philipp Kohlschreiber. Sedangkan Petra Kvitova yang merupakan jawara bertahan di nomor putri akan melawan Kini Bertens dari Belanda, sementara Serena Williams akan berhadapan dengan Magarita Gasparyan.


Namun banyak fakta-fakta menarik yang terjadi pada babak pertama Wimbledon, seperti yang dilansir oleh
NDTV Sports
. Berikut fakta-fakta menarik pada turnamen tertua di dunia ini:


1.
Lleyton Hewitt menjadi yang petenis dengan partisipasi terbanyak di grand slam ini dengan 17 kali sepanjang karirnya di dunia tenis. Petenis pria berusia 34 tahun ini akan mengawali babak pertama di Wimbledon tahun ini dengan melawan Jarkko Nieminen dari Finlandia di Court 2.


Hewitt yang berasal dari Australia, membuat kontestan putra asal negara Kanguru tersebut menjadi 11 orang. Ini menjadi jumlah terbanyak atau mengulangi jumlah yang sama pada turnamen Wimbledon 2000.


2.
Hewitt merupakan satu-satunya petenis unggulan yang tersingkir di babak pertama Wimbledon yakni ketika dia kalah dari Ivo Karlovic pada 2003. Itu adalah terakhir kalinya seorang juara bertahan kalah di babak pertama grand slam.


3.
Novak Djokovic yang menjadi unggulan teratas dalam turnamen yang berlangsung di Inggris ini, akan melawan Philipp Kohlschreiber di hari 1. Andai menang dia bisa menjaga rekor selalu lolos ke babak 2, terakhir kali kalah di hari pertama oleh Paul Goldstein pada 2006.


4.
Petenis asal Amerika Serikat, Serena Williams, akan melawan Magarita Gasparyan. Andai lolos dan bisa mencapai final hingga keluar sebagai juara, maka Serena tercatat memiliki 21 gelar grand slam dan ini menyamai rekor seluruh saingannya bahkan bila diakumulasi.


21 gelar grand slam diraih oleh; Venus Williams (7 gelar), Maria Sharapova (5 gelar), Victoria Azarenka, Petra Kvitova dan Svetlana Kuznetsova (masing-masing 2 gelar), sedangkan Ana Ivanovic, Francesca Schiavone dan Stosur Sam (masing-masing 1).


5.
Maria Sharapova akan berhadapan dengan Johanna Konta di babak pertama Wimbledon 2015. Apabila petenis cantik ini bisa memenangkan turnamen grand slam tahun ini, maka akan mengulangi kemenangan terindahnya pada 2004.


Sejauh ini tercatat hanya Martina Navratilova yang pernah menjuarai turnamen ini dengan rentang lebih panjang. Di mana, Martina meraih titel pertamanya pada 1978 dan yang terakhir kali diraih pada 1990.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya