Taklukkan India, Tim Thomas Indonesia Melaju ke Final

Pasangan ganda putra Indonesia, Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan
Sumber :
  • REUTERS/Nyimas Laula
VIVA.co.id –
Hendra Setiawan Ungkap Rencana Masa Depan Kariernya
Tim Piala Thomas Indonesia berhasil melaju ke babak final usai mengalahkan India di babak semifinal yang berlangsung di Gachibowli Stadium, Sabtu 20 Februari 2016. Indonesia mengunci kemenangan dengan skor 3-1 di ajang kualifikasi ini.

Jadwal Laga Tim Bulutangkis Indonesia di Olimpiade Kamis Ini

Indonesia memulai pertarungan di nomor tunggal putra, dengan menurunkan Tommy Sugiarto. Srikanth Kidambi yang menjadi lawannya di sesi ini, berhasil memberikan perlawanan ketat kepada Tommy di set 1.
Dukungan 'Adik Kelas' Beri Motivasi Skuad Ganda Campuran


Pebulutangkis berusia 27 tahun itu pun akhirnya tertinggal 14-21, dan terus berupaya membalikkan kedaan di set 2. Secara perlahan, Tommy mulai mendapatkan permainannya hingga sempat unggul 10-6.


Akan tetapi, Kidambi tak menyerah begitu saja dan mampu mengimbangi 15-15. Laga pun berlangsung kian ketat dan terjadi kejar-kejaran poin, namun Tommy berhasil menutup dengan keunggulan 25-23. Sial bagi Tommy yang harus mengakui kehebatan Kidambi dalam pertarungan selama 58 menit dengan kalah 9-21 di set penentu.


Beruntung, Indonesia mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di nomor ganda putra. Duet Hendra Setiawan/ Mohammad Ahsan sukses menaklukkan Manu Attri/ Sumeeth Reddy dengan skor akhir 21-11 dan 21-10. Hendra/Ahsan mengemas kemenangan tersebut dengan hanya membutuhkan waktu 23 menit.


 Indonesia kian di atas angin usai kembali menggandakan kedudukan menjadi 2-1, berkat kemenangan Anthony Sinisuka Ginting atas Ajay Jayaram lewat 21-15 dan 22-20. 


Nasib Indonesia ditentukan di partai 4 pada nomor ganda putra. Pasangan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi melawan Pranaav Jerry Chopra/ Akshay Dewalkar.


Angga/Ricky memulai laga cukup baik dengan unggul 21-13, namun pertarungan yang cukup alot terjadi di set 2. Sempat tertinggal jauh, Pranaav/Akshay malah mampu membalikkan keadaan dengan 19-16. Pada akhirnya, Pranaav/Akshay memaksa Angga/Ricky bermain hingga set ketiga usai menang di set 2 dengan 21-18.


Pada set penentuan, Pranaav/Akshay langsung mencuri keunggulan 7-4 atas Angga/Ricky. Perlahan tapi pasti, Angga/Ricky langsung mengubah situasi dengan berbalik unggul 17-14 dan akhirnya keluar sebagai pemenang usai menuntaskan set terakhir ini lewat skor akhir 21-15.


Dengan hasil ini, laga antara Jonatan Christie kontra Prannoy HS tak perlu dimainkan karena Indonesia sudah menang dengan skor akhir 3-1. Pada babak final nanti, Indonesia akan melawan Jepang yang sebelumnya mengalahkan Korea Selatan 3-0 di babak semifinal. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya